POSITIVE SELF TALK: HAL YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENINGKATKAN OPTIMISME PADA MAHASISWA

Eliza Gloria* -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Rudangta Arianti -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstrak

Karangan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sebagai bentuk persyaratan akhir masa pendidikan akademisnya disebut dengan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latihan positive self talk dapat meningkatkan optimisme pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan penelitian yaitu the equivalent time sample design melalui latihan positive self talk terhadap 10 orang mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana yang didapatkan dengan teknik snowball sampling. Alat ukur yang digunakan berupa angket kuesioner skala likert yaitu skala optimisme. Analisa data menggunakan uji paired samples T test. Hasil penelitian menunjukkan latihan positive self talk efektif dalam meningkatkan optimisme pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Diketahui nilai rata-rata peningkatan sebelum dan sesudah diberi perlakuan adalah 70,80 menjadi 83,90. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi mahasiswa bahwa optimisme sangat penting untuk ditingkatkan mengingat optimisme yang rendah dapat berakibat pada keadaan psikologis yang lebih parah seperti cemas, timbul perasaan negatif, dan stres.

 

Kata Kunci: Positive Self Talk, Optimisme, Mahasiswa yang mengerjakan skripsi

 

 

Abstract

A scientific essay written by a student as a form of requirement for the end of their academic education is called a thesis. This research aims to find out whether positive self-talk training can increase optimism in students working on their thesis. This type of research is Quasi Experimental with a research design namely The Equivalent Time Sample Design through positive self talk exercises on 10 students from the Faculty of Psychology, Satya Wacana Christian University which was obtained using the snowball sampling technique. The measuring instrument used is a Likert scale questionnaire, namely the optimism scale. Data analysis used the paired samples T test. The research results show that positive self-talk exercises are effective in increasing optimism in students working on their theses. it is known that the average value of improvement before and after treatment is 70.80 to 83.90. It is hoped that the results of this research will provide information for students that it is very important to increase optimism considering that low optimism can result in more severe psychological conditions such as anxiety, negative feelings and stress.

 

Keywords: Positive Self Talk, Optimism, Students working on a thesis

Keywords : Positive Self Talk; Optimisme; Mahasiswa yang mengerjakanskripsi

  1. Andriyanto, A. A., Jamain, R. R., & Permatasari, N. (2022). Kontribusi optimisme dan dukungan sosial terhadap resiliensi mengerjakan skripsi mahasiswa ilmu pendidikan. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(3), 264-281. https://doi.org/10.29407/nor.v9i3.17883
  2. Asri, J. S. (2021). Hubungan antara konsep diri dengan optimisme pada mahasiswa fakultas psikologi yang menyusun skripsi di universitas medan area. Universitas Medan Area, 1-124.
  3. Burnett, P. C. (1996). Children's self‐talk and significant others’ positive and negative statements. Educational Psychology, 16(1), 57-67. https://doi.org/10.1080/0144341960160105.
  4. Dewi, A. R. (2020). Efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan rational emotive behavior therapy (rebt) untuk peningkatan optimisme siswa kelas xi tkj smk swasta budhi darma indrapura tahun ajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1-72.
  5. Dryden, W. (2019). “The distinctive features of rational emotive behavior therapy.” In advances in REBT, edited by Michel E. Bernard and Windy Dryden, 23–46. Switzerland: Springer Nature Switzerland.
  6. Erteka, C. (2019). Hubungan optimisme dengan coping stress mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Universitas Medan Area, 1-110.
  7. Gomes, S. A., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan antara optimisme dengan subjective well-being pada karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 1-13.
  8. Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
  9. Iriyanti, A. F., & Kinayung, D. (2021). Pelatihan positive self-talk untuk meningkatkan kepercayaan diri pada mahasiswa. EMPATHY: Jurnal Fakultas Psikologi, 4(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.12928/empathy.v4i1.20353
  10. Jarwo, S. (2022). Pengetahuan atlet tentang self-talk sebagai salah satu solusi mengatasi tekanan dalam permainan bola voli. Jurnal Patriot, 4(2), 117-122. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i2.829
  11. Kim, J., Kwon, J. H., Kim, J., Kim, E. J., Kim, H. E., Kyeong, S., & Kim, J.-J. (2021). The effects of positive or negative self-talk on the alteration of brain functional connectivity by performing cognitive tasks. Scientific Reports, 11(1). https://doi.org/10.1038/s41598-021-94328-9
  12. Malouff, J. M., & Schutte, N. S. (2017). Can psychological interventions increase optimism? A meta-analysis. The Journal of Positive Psychology, 12(6), 594-604. https://doi.org/10.1080/17439760.2016.1221122.
  13. Marhani, I., Sahrani, R., & Monika, S. (2018). Efektivitas pelatihan self-talk untuk meningkatkan harga diri remaja korban bullying (studi pada siswa smp x pasar minggu). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 11-22. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4929
  14. Mukaromah, A. (2018). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1-136.
  15. Muna, L. N., Nashori, F., & Sulistyarini, I. (2020). Efektivitas pelatihan berpikir positif untuk meningkatkan optimisme pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak. Journal Psikogenesis, 8(2), 142-152. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.1399
  16. Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(1), 41-47.
  17. Nugroho, E., Joswanto, A., Trisnaningtyas, V., & Simon, S. (2022). The power of self-talk: Kekuatan menggunakan firman allah untuk bicara pada diri sendiri sebagai dasar intropeksi diri. Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 15-31.
  18. Nurindah, M., Afiatin, T., & Sulistyarini, I. (2012). Meningkatkan optimisme remaja panti sosial dengan pelatihan berpikir positif. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 4(1), 57-76. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol4.iss1.art4.
  19. Safarina, N. A., Munir, A., & Nuraini, N. (2019). Hubungan harga diri dan optimisme dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa magister psikologi universitas medan area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 39-48. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i1.273
  20. Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: How to change your mind and your life. Pocket Books.
  21. Seligman, M. E., & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive psychology: An introduction. American Psychological Association, 55(1), 5-14. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.5
  22. Seligman, M.E.P. (2008). Menginstal Optimisme. Bandung: Momentum
  23. Setiawan, D. E. (2023). Memahami potensi positive self-talk sebagai alat dalam konseling pastoral: Analisis studi kualitatif. POIMEN Jurnal Pastoral Konseling, 4(1), 14-29.
  24. Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). Handbook of positive psychology. New York: Oxford University Press.
  25. Tabassum, Y., Hussein, H., & Khadim, I. (2021). Effect of self-talk on male intervarsity volleyball players’ performance. Global Sociological Review, 6(1), 63-69. https://doi.org/10.31703/gsr.2020(VI-I).09
  26. Wahyuni, S., Khumas, A., & Bakar, R. M. (2022). Best possible self untuk meningkatkan optimisme pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(3), 103-119. https://doi.org/10.26858/jtm.v1i3.31789
  27. Wulaningsih, I. (2016). Efektivitas positive self talk terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(12), 1-137. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42156
  28. Yulianto, A. (2008). Kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa. (4 th ed). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Open Access Copyright (c) 2025 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.