HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA

Citra Wahyuni -  Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Emiel Yusuf Costadinov* -  Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

THE RELATIONSHIP BETWEEN PEER SUPPORT AND PUBLIC SPEAKING CONFIDENCE AMONG COLLEGE STUDENTS

Public speaking confidence is influenced by several factors, one of them is peer support. This study aims to determine the relationship between peer support and public speaking confidence in college students. The sample in this study was 70 students of the 2017 Islamic Broadcast Communication Studies Program at the Da'wah and Communication Science Faculty of UIN Raden Intan Lampung. Data collection methods used in this study was self confidence scale and peer support scale. The data that has been collected is then analyzed using Pearson product moment correlation analysis techniques. The results showed the correlation rx-y = 0.817 and the coefficient of determination R2 = 0.667 with p = 0.000 (p> 0.05). This shows that there is a positive and significant relationship between peer support and confidence in public speaking. This study revealed that the peer support made an effective contribution of 66.7% on the confidence in public speaking.

Kepercayaan diri berbicara di depan umum dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dukungan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kepercayaan diri berbicara di depan umum pada mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 70 mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2017 pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dan skala dukungan teman sebaya. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan korelasi rx-y = 0,817 dan koefisien determinasi R2= 0,667 dengan p = 0,000 (p > 0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kepercayaan diri berbicara di depan umum. Penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel dukungan teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 66,7% pada variabel kepercayaan diri berbicara di depan umum.

Keywords : Dukungan Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Berbicara di depan umum, Mahasiswa

  1. Alfandi, M. (2005). Format Dakwah Melalui Media Televisi. Jurnal Ilmu Dakwah, 25, 43-56.
  2. Evitasari, T. S., Lestari, R., Psi, S., Lestari, R., & Psi, S. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA Inklusi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  3. Hakim, T. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.
  4. Hunt, H., Paul, B., & Chester, L. (2011). Sosiologi: Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
  5. Lauster, P. (2003). Tes Kepercayaan diri. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
  6. Rahmadita, I. (2013). Hubungan antara konflik peran ganda dan dukungan sosial pasangan dengan motivasi kerja pada karyawati di Rumah Sakit Abdul Rivai-Berau. Jurnal Psikologi, 1(1), 58-68.
  7. Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary educational psychology, 25(1), 54-67.
  8. Santrock, J. W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga, 422-4.
  9. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.
  10. Stankov, L., Morony, S. A., & Ping, L.Y. (2010). Strong links between self-confidence and math performance.Singteac, Research within Reach, 29.
  11. Wahyudi, Q. (2016). Pengaruh dukungan sosial terhadap psychological well-being narapidana usia remaja. (Skripsi Tidak Diterbitkan) Universitas Muhammadiyah Malang,Malang
  12. Yusuf, P. M. (2019). Ilmu informasi, komunikasi dan kepustakaan.

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.