HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN NON SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA UKMPPD

Intan Putri Permata Hati* -  Malahayati University, Indonesia
Hetti Rusmini -  Universitas Malahayati, Indonesia
Vira Sandayanti -  Universitas Malahayati, Indonesia

ABSTRACT: RELATIONSHIP BETWEEN SOCIAL AND NON-SOCIAL SUPPORT WITH LEARNING MOTIVATION IN PARTICIPANTS OF UKMPPD

Students who have completed the Physician Professional Education stage are required to take the Medical Doctor Profession Program Student Competency Test (UKMPPD). This study aims to determine the relationship between social and non-social support and learning motivation among UKMPPD’s participant students. This research is an analytical study with a cross sectional design. The research sample consisted of 170 UKMPPD participants for the November 2019 period at Malahayati University. Data collected using a social support scale, non-social support scale & learning motivation scale. Data were analyzed using Spearman's Rank. The results showed that there was a significant relationship between social and non-social support and learning motivation among UKMPPD participants for the November 2019 period at Malahayati University.

 

Keywords: learning motivation, social support, non social support, UKMPPD

 

Mahasiswa yang telah menyelesaikan tahap Pendidikan Profesi Dokter wajib mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan non sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa peserta UKMPPD. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah  170  peserta UKMPPD periode November Tahun 2019 di Universitas Malahayati. Pengambilan data menggunakan skala dukungan sosial, skala dukungan non sosial & skala motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan Rank Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan non sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa peserta UKMPPD periode November tahun 2019 di Universitas Malahayati.

 

Kata Kunci: motivasi belajar, dukungan sosial, dukungan non sosial, UKMPPD

Keywords : dukungan sosial; dukungan non sosial; motivasi belajar; UKMPPD

  1. Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Dhitaningrum, M. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).
  3. Fajriyah, N. N., Abdullah, A., & Amrullah, A. J. (2016). Dukungan Sosial Keluarga pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 97000.
  4. Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
  5. INDAH, S. N. (2017). HUBUNGAN PEMBIMBINGAN TERHADAP KELULUSAN UJIAN CBT UKMPPD NASIONAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG PERIODE AGUSTUS 2015–MEI 2016.
  6. Kurniawati, Y., Faizah, F., & Rahma, U. (2018). Dukungan Sosial Dan Empati Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Berdasar Jenjang Sekolah Menengah Dan Perguruan Tinggi. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 14(2), 189-200.
  7. Lijun, Y. U. (2011). The investigation of learning motivation and strategy in the normal undergraduates. Cross-cultural communication, 7(3), 126-131.
  8. Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114.
  9. Pramana, A. G. K., & Wilani, N. M. A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 189-196.
  10. Prawira, P. A. (2012). Psikologi pendidikan dalam perspektif baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 159.
  11. Putri YT. (2018). Hubungan motivasi belajar terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Lampung periode November 2017. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
  12. Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326-336.
  13. Sriyanti, L. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Ombak, 187.
  14. Suciani, D., & Safitri, S. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(02), 126710.
  15. Tasripiyah, A. S. (2012). Hubungan Koping dan Dukungan Sosial dengan Body Image Pasien Kanker Payudara Post Mastektomi Di Poli Bedah Onkologi RSHS Bandung. Students e-Journal, 1(1), 33.
  16. Taylor, S. E. (2006). Health psychology. Tata McGraw-Hill Education.
  17. Toding, W. R., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. eBiomedik, 3(1).
  18. Tridellya, F. (2019). KORELASI MOTIVASI DAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP KELULUSAN COMPUTER BASED TEST UJI KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER UNIVERSITAS ISLAM MALANG. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 6(3).
  19. Tunggadewi, T. P., & Indriana, Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’An Jawa Tengah. Empati, 6(3), 313-317.
  20. Wouters, A., Croiset, G., Galindo-Garre, F., & Kusurkar, R. A. (2016). Motivation of medical students: selection by motivation or motivation by selection. BMC medical education, 16(1), 1-9.
  21. Yu, X. M. (2012). An empirical study on the correlation between English learning motivation and strategy. Asian Social Science, 8(8), 218-224.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.