PERAN KECERDASAN BUDAYA DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ONLINE GENERASI MILENIAL YANG MERANTAU DI JAKARTA

Teguh Lesmana* -  Universitas Bunda Mulia, Indonesia
Chintya Monica Rarung -  Universitas Bunda Mulia, Indonesia

ABSTRACT: THE ROLE OF CULTURAL INTELLIGENCE AND PERSONALITY TOWARD ONLINE CONSUMTIVE BEHAVIOR OF MILLENNIAL GENERATION WHO WANDER IN JAKARTA

 

This study aims to determine the role of cultural intelligence and personality on the online consumptive behavior of the millennial generation who have migrated in Jakarta. This research is a survey research design with non-experimental research types and involves three measuring instruments consisting of the Cultural Intelligence Measurement Scale (CIMS) to measure cultural intelligence, the Big Five Inventory 2 Short Form (BFI-2S) to measure personality characteristics and Consumptive Behavior Scale to measure the tendency of consumptive behavior. This study involved 303 participants who were millennials who had migrated to Jakarta. The results of this study indicate that cultural intelligence has a positive and significant correlation with consumptive behavior, where the higher the cultural intelligence possessed, the more it will increase the consumptive behavior of the participants. In addition, the results of subsequent studies showed that openness, agreeableness, and extraversion had a negative and significant correlation with consumptive behavior, while neuroticism had a positive and significant correlation with consumptive behavior. This study provides supporting data that cultural intelligence and personality in migrants can lead to consumptive behavior.

 

Keywords: Personality, Cultural Intelligence, Consumtive Behavior

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan budaya dan kepribadian terhadap perilaku konsumtif online generasi milenial yang merantau di Jakarta. Penelitian ini merupakan survey research design dengan jenis penelitian non eksperimental dan melibatkan tiga alat ukur yang terdiri atas Cultural Intelligence Measurement Scale (CIMS) untuk mengukur kecerdasan budaya, Big Five Inventory 2 Short Form (BFI-2S) untuk mengukur karakteristik kepribadian dan Skala Perilaku Konsumtif untuk mengukur kecenderungan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan melibatkan 303 partisipan yang merupakan generasi milenial yang merantau di Jakarta dengan mayoritas partisipan berusia 20-25 tahun (80.9%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan budaya berkorelasi positif dan signifikan dengan perilaku konsumtif, dimana semakin tinggi kecerdasan budaya yang dimiliki maka akan semakin meningkatkan perilaku konsumtif partisipan. Selain itu, hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa openness, agreeableness,dan extraversionberkorelasi negatif dan signifikan dengan perilaku konsumtif, sementara neuroticism berkorelasi positif dan signifikan dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini memberikan data pendukung bahwa kecerdasan budaya dan kepribadian pada perantau berperan dalam menentukan perilaku konsumtif.

 

Kata Kunci: Kepribadian, Kecerdasan Budaya, Perilaku Konsumtif

Keywords : Kepribadian, Kecerdasan Budaya, Perilaku Konsumtif

  1. Alfiedo. (2014). Ini Dia Alasan Orang-orang Merantau Ke Jakarta Dan Kota Besar Lainnya. Diakses dari : https://alfido.com/2014/07/31/ini-dia-alasan-orang-orang-merantau-ke-jakarta-dan-kota-besar-lainnya/
  2. Ang, S., Rockstuhl, T., & Tan, M. L. (2015). Cultural intelligence and competencies. International encyclopedia of social and behavioral sciences, 2, 433-439.
  3. Ang, S., & Van Dyne, L. (2008). Handbook of cultural intelligence: Theory, measurement, and applications. Armonk: ME Sharpe.
  4. Burger, J.M.. (2019). Personality (10th Ed). Boston: Cengage Learning, Inc.
  5. Badan Pusat Statistik (2015) Mengulik Data Suku Di Indonesia. Diakses dari: https://www.bps.go.id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html
  6. Bhakti, A. H., Paradizsa, I., Alkaf, I., & Irwansyah, I. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pengalaman Multikultural dan Kecerdasan Budaya. Metakom, 2(1).
  7. Durmaz, Y., Celik, M., & Oruç, R. (2011). The impact of cultural factors on the consumer buying behaviors examined through an empirical study. International Journal of Business and Social Science, 2(5), 109-114.
  8. Gravetter, F. J., & Forzano, L. A. B. (2018). Research methods for the behavioral sciences. Cengage Learning.
  9. Farid, D. S., & Ali, M. (2018). Effects of personality on impulsive buying behavior: Evidence from a developing country.
  10. Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T. A. (2018). Theories of personality (Ninth edit).
  11. Hadawiah, H. (2019). Fenomena (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan Di Universitas Muslim Indonesia. Al-MUNZIR, 12(1), 149-164.
  12. Harahap, F. R. (2013). Dampak urbanisasi bagi perkembangan kota di Indonesia. Society, 1(1), 35-45.
  13. Hayy, A. M. N. F. (2019). Mengelola Urbanisasi Untuk Pertumbuhan Ekonomi. Diakses Dari :https://news.detik.com/kolom/d-4504255/mengelola-urbanisasi-untuk-pertumbuh an-ekonomi
  14. Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249.
  15. Huang, J. H., & Yang, Y. C. (2010). The relationship between personality traits and online shopping motivations. Social Behavior and Personality: an international journal, 38(5), 673-679.
  16. Khairuddin I. (2018). 5 Kota Ini Paling Banyak Jumlah Pembelanja Online. Diakses dari: https://selular.id/2018/06/5-kota-ini-paling-banyak-jumlah-pembelanja-online/
  17. Ksendzova, M., Iyer, R., Hill, G., Wojcik, S. P., & Howell, R. T. (2015). The portrait of a hedonist: The personality and ethics behind the value and maladaptive pursuit of pleasure. Personality and Individual Differences, 79, 68-74.
  18. Lenggogini S. (2017). Menangkap Gairah Wisata Milenial. Diakses Dari :https://news.detik.com/kolom/d-3778270/menangkap-gairah-wisata-milenial
  19. Livermore, D. A. (2009). Cultural intelligence (youth, family, and culture): Improving your CQ to engage our multicultural world. Baker Academic.
  20. Martínez, A. L. C., Sabiote-Ortiz, C. M., & Rey-Pino, J. M. (2018). The influence of cultural intelligence on intention of internet use. Spanish Journal of Marketing-ESIC.
  21. Moreno, F. M., Lafuente, J. G., Carreón, F. Á., & Moreno, S. M. (2017). The characterization of the millennials and their buying behavior. International Journal of Marketing Studies, 9(5), 135-144.
  22. Novitasani, L. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma, 2(3).
  23. Prawira A. E. (2016). Ini Dia Motivasi Generasi Milenial Belanja. Diakses Dari :https://www.liputan6.com/health/read/2483465/ini-dia-motivasi-generasi-milenial-belanja
  24. Prishardoyo, B., Trimarwanto, A., & Shodiqin, S. P. (2005). Pelajaran Ekonomi SMP kelas 2. Grasindo.
  25. Quintelier, E. (2014). The influence of the Big 5 personality traits on young people’s political consumer behavior. Young Consumers.
  26. Rehman, H. U., & Manjur, K. I. (2018). Effects of Personality traits (Neuroticism, Agreeableness, Extraversion, Conscientiousness) on online impulse buying: Moderating role of hedonic motivation.
  27. Sitorus R. (2016). Riset Perilaku Konsumen : Generasi Milenial Menabung untuk Konsumtif. Diakses Dari :https://kabar24.bisnis.com/read/20160307/79/525973 /riset-perilaku-konsumen-generasi-milenial-menabung-untuk-konsumtif
  28. Soebiakto, B. (2018). Alasan Generasi milenial Lebih Konsumtif. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif
  29. Soto, C. J., & John, O. P. (2017). Short and extra-short forms of the Big Five Inventory–2: The BFI-2-S and BFI-2-XS. Journal of Research in Personality, 68, 69-81.
  30. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (meneropong imbas pesan iklan televisi). Bandung: Alfabeta
  31. Tashandra N.(2018). Riset : 80 persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Diakses dari :https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001 820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita
  32. Taufik, T., Prihartanti, N., & Hamid, H. S. A. (2019). Neuroticism, extraversion and conscientiousness as predictors of the hedonistic lifestyle.
  33. Tsao, W. C., & Chang, H. R. (2010). Exploring the impact of personality traits on online shopping behavior. African Journal of Business Management, 4(9), 1800-1812.
  34. Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N. W. S. (2016). Perbedaan Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 102-106.
  35. Widyarini (2014). Empat Faktor Kecerdasan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Initerpersonal. Diakses dari: https://bppk.kemenkeu.go.id /content/berita/balai-diklat-keuangan-malang-empat-faktor-kecerdasan-budaya—un tuk-meningkatkan-keterampilan-interpersonal-2019-11-05-a85cab97/
  36. Yasa A. (2018). Ini Kota-kota Teraktif Belanja Daring di Indonesia Ketika Bulan Ramadan. Diakses dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20180620/12/807626/ini-kota-kota-teraktif-belanja-daring-di-indonesia-ketika-periode-ramadan

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.