HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN HARGA DIRI

Firda Dalila -  Universitas Malahayati, Indonesia
Asri Mutiara Putri* -  Universitas Malahayati, Indonesia
Prida Harkina -  Universitas Malahayati, Indonesia

Supp. File(s): Research Instrument

ABSTRACT: RELATIONSHIP BETWEEN THE INTENSITY OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA USAGE WITH SELF ESTEEM

 

Self-esteem is formed by interactions with other people. At present, social interaction can not only be done in the real world but can also be done in the virtual world, through social media such as Instagram. This study aimed to determine the relationship between the intensity of Instagram social media usage and self-esteem. This research is a quantitative study with a correlational design. The sample in this study were 205 undergraduate students of Malahayati University, aged between 17 to 25 years. The data in this study were obtained using an Instagram social media intensity usage questionnaire and a self-esteem scale. The results of data analysis using Spearman's rho show that there is a significant positive relationship between intensity of Instagram social media usage and self-esteem.

 

Keywords: Intensity of Social Media Usage, Instagram, Self Esteem

 

Harga diri terbentuk dari interaksi dengan orang lain. Saat ini untuk melakukan interaksi sosial tidak hanya dapat dilakukan didunia nyata namun juga dapat dilakukan didunia maya, melalui media sosial seperti instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan harga diri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 205 mahasiswa S1 Universitas Malahayati, berusia antara 17 sampai 25 tahun. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner intensitas penggunaan media sosial instagram dan skala harga diri. Hasil analisis data menggunakan Spearman’s rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan harga diri.

 

Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Instagram, Harga Diri

Supplement Files

Keywords : Intensitas Penggunaan Media Sosial, Instagram, Harga Diri

  1. Aditomo, A., & Retnowati, S. (2004). Perfeksionisme, harga diri, dan kecenderungan depresi pada remaja akhir. Jurnal psikologi, 31(1), 1-14.
  2. Adishesa, M. S. (2020). Instagram Use and Self-Esteem among Adolescents. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 11(01), 26-36.
  3. Andarwati, I. (2016). Citra diri ditinjau dari intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram pada siswa kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 1-12.
  4. Ardari, C. S. S. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial pada remaja awal. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.
  5. Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Ghufron, M. N., & Rini Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
  7. Indriani, M., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan antara Harga Diri dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5).
  8. Ivana Rizki, A., & Ruhaena, L. (2017). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Harga Diri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  9. Rahma, A. U. (2018). Pengaruh Intensitas Mengakses Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
  10. SYAHIDAH, I. N. HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANTUL.
  11. Trisakti, T., & Astuti, K. (2014). Hubungan antara harga diri dan persepsi pola asuh orang tua yang authoritatif dengan sikap remaja terhadap penyalahgunaan narkoba. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).
  12. Widiharto, C. A. (2011). Perilaku Bullying, Harga Diri dan Pemahaman Moral Anak. Metamorfosis, (19), 220297.
  13. Widodo, A. S. (2013). Harga diri dan interaksi sosial ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.