PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK

Putri Nindia Lestari* -  Universitas Malahayati, Indonesia
Octa Reni Setiawati -  Universitas Malahayati, Indonesia
Vira Sandayanti -  Universitas Malahayati, Indonesia

ABSTRACT: ACADEMIC PROCRASTINATION AND LEARNING ACHIEVEMENT IN HIGH SCHOOL STUDENTS

 

This study aims to determine the frequency distribution of academic procrastination and learning achievement and to find out whether there is a relationship between academic procrastination and learning achievement in vocational students. This study uses product moment correlation analysis to determine whether there is a relationship between the two variables, academic procrastination and learning achievement. The population in this students of SMK Negeri 8 Bandar Lampung. The sample of this study was 167 students. Sampling using accidental sampling. The data collection method uses an academic procrastination scale based on aspects of academic procrastination and uses report for learning achievement data. Students of SMK Negeri 8 Bandar Lampung have a category of academic procrastination and learning achievement in the medium category. The correlation coefficient is r = .229 (p > .05), so it can be concluded that the there is no relationship between academic procrastination and student achievement in high school students. This shows that there is no significant relationship between academic procrastination and learning achievement in hish school students. As for suggestions for further research that is interested in researching the relationship between academic procrastination and academic achievement, it is better to consider researching other factors of learning achievement apart from academic procrastination.

 

Keywords: Learning Achievement, Academic Procrastination, Students

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi frekuensi prokrastinasi akademik dan prestasi belajar serta mengetahui apakah ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan analisis kolerasi product moment untuk mengetahui apakah ada hubungan antar kedua variabel yaitu prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/i SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Sampel dari penelitian ini adalah 167 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengambilan data menggunakan skala prokrastinasi akademik berdasarkan aspek-aspek prokrastinasi akademik dan menggunakan nilai rapor untuk data prestasi belajar. Siwa/i SMK Negeri 8 Bandar Lampung memiliki kataori prokrastinasi akademik dan prestasi belajar pada katagori sedang. Koefisien kolerasi diketahui r = .229 (p > .05) sehinggga disimpulkan bahwa tidak ada hubungan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa SMK. Hal ini menjunjukan bahwa prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada siswa SMK tidak ada hubungan yang signifikan. Adapun saran bagi penelitian selanjutnya yang tertarik untuk meneliti tentang hubungan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar sebaiknya juga mempertimbangkan untuk meneliti faktor-faktor lain prestasi belajar selain prokrastinasi akademik

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Prokrastinasi Akademik, SMK

Keywords : Prestasi Belajar, Prokrastinasi Akademik, SMK

  1. Akinsola. (2017). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma
  2. Arif Gunarso. (1993). Prestasi Belajar. Yogyakarta. Gramedia
  3. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Daryanti, M. S. (2016). Hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah
  5. Ferrari, J.R, Judith L.J dan William G.M. (1995). Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press.
  6. Herasti Widyari. (2011). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP (on-line). Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma.
  7. Kemendikbud. (2016). Nilai Rata-rata UN diakses dari https://news.detik.com/berita/d3206228/nilai-rata-rata-un-2016-turun-poin-dari-tahun-2015
  8. M. N. Ghufron. (2003). Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik(on- line). Thesis. Diakses pada 27 Desember 2020 http://damandiri.or.id/fil/mnurghufronugmbab1.pdf.
  9. Oematan, C. S. (2013). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi–Universitas Surabaya. Calyptra.
  10. Pranomo, W. W. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(01).
  11. Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19-29.
  12. Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19-29.
  13. Suci, K. (2017). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Bukittinggi (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
  14. Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola. Diakses pada 12 November 2020 :http://sunartombs.wordpress.com/2 009/01/05/pengertian-prestasi_belajar/
  15. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia. Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD – UIN Yogyakarta
  16. Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.