HUBUNGAN STRATEGI COPING DENGAN STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Meytha Prameswari* -  Universitas Malahayati, Indonesia
Octa Reni Setiawati -  Universitas Malahayati, Indonesia
Dewi Lutfianawati -  Universitas Malahayati, Indonesia

ABSTRACT : THE RELATIONSHIP OF COPING STRATEGIES AND STRESS AMONG STUDENT WORKING ON THESIS

 

Stress when working on a thesis is a phenomenon that occurs among Indonesian students. Coping strategies are needed in dealing with student stress in doing thesis. Thus, this study aims to determine the role of coping strategies against stress in undergraduate thesis students. The approach used in this study is a quantitative approach, with the research subjects being students of the general medical study program at Malahayati University, Bandar Lampung, with 173 samples using accidental sampling technique. Methods of data collection is done by using a questionnaire in the form of a stress scale and coping strategies. Based on the results of the correlation test, it was concluded that there was no relationship between coping strategies and the stress of students writing thesis, and based on descriptive statistics, the value of coping strategies was 69.9% students of the general medical study program, Malahayati University, Bandar Lampung, had coping strategies in the moderate category, and students when deal with stress more using coping strategies emotionally focused coping. And for the stress category, thesis students fall into the medium category.

 

Keywords: Coping Strategy, Stress, Student, Thesis

 

Stress ketika mengerjakan skripsi merupakan fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa Indonesia. Strategi coping di perlukan dalam menghadapi stres mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran strategi coping terhadap stres mahasiswa skripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian mahasiwa Program Studi Kedokteran Umum Universitas Malahayati Bandar Lampung, dengan 173 sampel dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner berbentuk skala stres dan strategi coping. Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan strategi coping dengan stres mahasiswa menulis skripsi, serta berdasarkan hasil deskriptif statistik diperoleh nilai strategi coping sebesar 69,9% mahasiswa Program Studi Kedokteran Umum Universitas Malahayati Bandar Lampung memiliki strategi coping dalam katagori sedang, serta mahasiswa ketika menghadapi stress lebih banyak menggunakan strategi coping secara emotinal focused coping. Dan untuk katagori stess mahasiswa skripsi masuk ke dalam katagori sedang.

 

Kata Kunci: Strategi Coping, Stress, Mahasiswa, Skripsi

Keywords : Strategi Coping, Stress, Mahasiswa, Skripsi

  1. Achroza, F. H. (2013). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa Dan Problem Focused Coping Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fkip Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus (Skripsi).
  2. Fadillah, A. E. R. (2013). Stres Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman Yang Sedang Menyusun Skrispi. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3).
  3. Hasan, N., & Rufaidah, E. R. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Strategi Coping Pada Penderita Stroke RSUD dr. Moewardi Surakarta. Talenta psikologi, II (1), 41-6.
  4. Henricus, D. F. F. B. (2016). Stres Pada Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Universitas Sanata Darma Yogyakarta.
  5. Kinansih, A. K. (2011). Skripsi kelar dalam 30 hari. Klaten: Galmas Publisher.
  6. Mu’tadin. (2002). Strategi Koping. Dikutip dari : http://www.e- psikologi.com. Diunduh : 20 Juni 2021.
  7. Nevid, J. S., Rathus S. A. & Greene,B. (2013) Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga,.
  8. Nevid Jeffrey S., Spencer A. Rathus, dan Beverly Greene. (2005) Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  9. Nurhindazah, D., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan adversity intelligence pada mahasiswa yang menjalani mata kuliah tugas akhir di fakultas teknik Universitas Diponegoro. 5(4), 645-652.
  10. Martha, S. D., Hamidy, M. Y., & Risma, D. (2012). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Riau Suci Martha Dani 1 , M.Yulis Hamidy 2, Devi Risma 3.
  11. Prihatina, R. D., Latifah, M., & Johan, I. R. (2012). Konsep diri, kecerdasan emosional, tingkat stres, dan strategi koping remaja pada berbagai model pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 5(1), 48-57.
  12. Rezsuwandi, G. A. P., & Hertinjung, W. S. (2019). Hubungan Antara Strategi Koping dengan Penyesuaian Diri pada Asisten Mata Kuliah Praktikum Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  13. Rustina, E., & Cahyati, W. H. (2012). Hubungan antara stress kerja dengan pemilihan strategi coping pada dosen. Jurnal kesehatan masyarakat. Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/indek.php/kemas
  14. Sipayung, N. (2012). Coping Stres. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
  15. Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi Doctoral dissertation,University Muhammadiyah Malang. (Skripsi)

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.