PENGARUH PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN CBT PADA PESERTA UKMPPD

Dewi Lutfianawati* -  Universitas Malahayati, Indonesia
Vira Sandayanti -  Universitas Malahayati Bandar Lampung, Indonesia
Supriyati Supriyati -  Universitas Malahayati, Indonesia
Adelia Sucita -  Universitas Malahayati, Indonesia

Supp. File(s): Research Materials Research Instrument

ABSTRACT : THE EFFECT OF SELF EFFICACY TRAINING TO REDUCE CBT EXAM ANXIETY ON UKMPPD EXAMINATION PARTICIPANTS

 

Anxiety in facing the UKMPPD exam can be one of the causes that affect performance and have an impact on graduation. One of the successes of students in exams is supported by good psychological conditions, namely students have good self-efficacy. Providing self-efficacy training can help improve the self-efficacy of students who will face the UKMPPD exam. This study aims to determine the effect of self-efficacy training on anxiety facing the CBT exam in UKMPPD participants, Faculty of Medicine, Malahayati University. This research is a quasi-experimental research with pre post control group design research which was conducted on 50 participants of UKMPPD crackers, Malahayati University, Bandar Lampung. Experiments were carried out by providing self-efficacy training to the experimental group to reduce anxiety. Data were analyzed using the Mann Whitney test. The results showed that there was a decrease in the level of anxiety in facing the UKMPPD exam between students who received self-efficacy training and those who did not receive self-efficacy training. So it is necessary to have a self-efficacy training program on a regular basis for participants who will take part in UKMPPD at Malahayati University.

 

Keywords:  Anxiety, Self Eficacy, UKMPPD

 

Kecemasan dalam menghadapi ujian UKMPPD dapat menjadi salah satu penyebab yang mempengaruhi performa dan berdampak pada kelulusan. Keberhasilan mahasiswa dalam ujian salah satunya didukung oleh kondisi psikis yang baik yaitu mahasiswa memiliki self efficacy yang baik. Pemberian pelatihan self efficacy dapat membantu meningkatkan self efficacy yang dimiliki mahasiswa yang akan menghadapi ujian UKMPPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan self efficacy terhadap kecemasan menghadapi ujian CBT pada peserta UKMPPD Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pre post control group design yang dilakukan kepada 50 peserta retaker UKMPPD Universitas Malahayati Bandar Lampung. Eksperimen yang dilakukan dengan memberikan pelatihan self efficacy kepada kelompok eksperimen untuk menurunkan kecemasan. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian UKMPPD antara mahasiswa yang mendapatkan pelatihan self efficacy dan yang tidak mendapatkan pelatihan self efficacy. Sehingga perlu adanya program pelatihan self efficacy secara berkala pada peserta yang akan mengikuti UKMPPD di Universitas Malahayati.

 

Kata Kunci : Kecemasan, Self Efficacy, UKMPPD

Supplement Files

Keywords : self efficacy; kecemasan

  1. Al-Darmaki, F. R. (2004). Counselor training, anxiety, and counseling self-efficacy: Implications for training psychology students from the united arab emirates university. Social Behavior and Personality, 32(5). https://doi.org/10.2224/sbp.2004.32.5.429
  2. Apriady, T., Yanis, A., & Yulistini, Y. (2016). Prevalensi Ansietas Menjelang Ujian Tulis pada Mahasiswa Kedokteran Fk Unand Tahap Akademik. Jurnal Kesehatan Andalas,5(3). https://doi.org/10.25077/jka.v5i3.596
  3. Asayesh, H., Hosseini, M. A., Sharififard, F., & Kharameh, Z. T. (2016). The relationship between self-efficacy and test anxiety among the paramedical students of Qom University of medical sciences. Journal Of Advances In Medical Education (JAMED), 1(3).
  4. Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. Journal of Cognitive Psychotherapy,13(2). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158
  5. Barrows, J., Dunn, S., & A. Lloyd, C. (2013). Anxiety, Self-Efficacy, and College Exam Grades. Universal Journal of Educational Research,1(3),204–208. https://doi.org/10.13189/ujer.2013.010310
  6. Berscheid, E. (1982). Joining Together: Group Theory and Group Skills. 2nd ed. Psyccritiques,27(9). https://doi.org/10.1037/021500
  7. Demak, I. P. K., Muharram, D. N., & Salman, M. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Blok Universitas Tadulako 1 Medical Education Unit, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Departemen Histologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako. Molucca Medica, 12(1),11–17. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamedica/article/view/1123
  8. Feist, J., & Feist, G. . (2002). Theories of personality (5thed). McGraw Hill.
  9. Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika,2(1),1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
  10. Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Standar Pendidikan Profesi Dokter. In Konsil Kedokteran Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia.
  11. Liebert, R. M., & Morris, L. W. (1967). Cognitive and emotional components of test anxiety: a distinction and some initial data. Psychological Reports, 20(3). https://doi.org/10.2466/pr0.1967.20.3.975
  12. Limen, G., Runtuwene, J., & Wagiu, C. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi UKMPPD OSCE dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Biomedik (Jbm),10(3),159. https://doi.org/10.35790/jbm.10.3.2018.21981
  13. Marry, R., Marslin, D., Franklin, G., & Sheeba, C. (2014). Test Anxiety Levels of Board Exam Going Indonesian Jurnal of Health Development Students in Tamil Nadu India. Biomed Research International. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4129138/
  14. Meri Lidiawati, & Hilda. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar UKMPPD dengan Kelulusan UKMPPD Computer Bassed Test Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Periode Mei 2017. Jurnal Dedikasi Pendidika, 2(1), 63–68.
  15. Mukhlis, H., & koentjoro. (2015). Pelatihan Kebersyukuran untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(3), 203–215.
  16. Mungin, E. W. (2012). Kondisi Psikologis Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional (Cara Mengatasinya). Abkin.Org.
  17. Mustofa, F. L., Oktobiannobel, J., & Sulesa. (2020). Gambaran kecemasan dalam menghadapi ujian osce ukmppd pada mahasiswa . Jurnal Medika Malahayati, 4(2), 137–145.
  18. Nuraisyiah, N., Nurdiana, N., & Ma’ruf, M. I. (2019). Pengaruh Gangguan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(2), 10. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i2.9688
  19. Nurlaila, S. (2011). Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling,1(1),1. https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.348
  20. Nuryanti, & Purwanto, S. (2017). Efektivitas Brain Gym Dalam Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Sekolah. Jurnal Kesehatan, 2, 10–12.
  21. Pangastuti, M. (2014). Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) pada Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 32–41. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.367
  22. Panitia Nasional Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. (2019). Daftar Nilai Hasil Ujian Periode Februari 2018. http://aktivasi.pnukmppd.dikti.go.id
  23. Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
  24. Putri, S. W., Suminta, R. R., & Handayani, D. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa. Happiness, 1(2), 111–124.
  25. Rachmawati, F. A., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2017). Pelatihan Efikasi Diri Islami Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Santri. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 9(1), 52–63. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss1.art4
  26. Rambe, Y. S. (2017). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) Di SMK Swasta PAB 12 Saentis The Relationship Between Self Efficacy And Social Support With Student ’ s Anxiety Facing The Computer Base. Analitika, 9(1), 60–68.
  27. Santoso, S., Lusida, N., Farida, I., & Husaeni, A. (2017). Analisis Efektivitas Pembimbingan Mahasiswa dalam Persiapan Mengikuti UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter) Terhadap Kelulusan UKMPPD Nasional Periode 2016. Proceeding Annual Meeting APKKM Ke-5. http://aktivasi.pnukmppd.dikti.go.id
  28. Sargolzari, M., Samari, A., & Keyrodi, A. (2003). Neuro linguistic programming and cognitive- behavioral approach in the management of test anxiety. Journal of Mental Health, 68–54.
  29. Supriyati, S., Setiawati, O. R., & Sandayanti, V. (2019). Hubungan Antara Self Efficacy (Keyakinan Kemampuan Diri) Dengan Kelulusan Retaker Ukmppd Di Universitas Malahayati. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1), 29–36. https://doi.org/10.33024/hjk.v13i1.963
  30. Thoomaszen, F. W., & Murtini, M. (2014). Manajemen Stres untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Siswa Sekolah Menengah Pertama. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal,11(2),79. https://doi.org/10.26555/humanitas.v11i2.2331
  31. Pendidikan Dokter, Pub. L. No. 20, Undang-Undang (2013).
  32. Wulandari, D. (2018). Hubungan Self efficacy Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian CBT Pada Peserta Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Di Fakultas Kedokteran Malahayati Februari 2018. Universitas Malahayati.
  33. Yang, R. J., Lu, Y. Y., Chung, M. L., & Chang, S. F. (2014). Developing a short version of the test anxiety scale for baccalaureate nursing skills test - A preliminary study. Nurse Education in Practice, 14(6). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2014.05.007
  34. Yudhani, E., Suharti, V., Adya, A., & Utami, E. S. (2017). Efektivitas Membaca dan Mentadabburi Al-Qur’an dalam Menurunkan Kecemasan Siswa yang akan Menghadapi Ujian Sekolah. 2(April), 23–31.
  35. Yunita, E. (2013). Penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique dalam Bimbingan Kelompok untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal BK UNESA, 03(1), 291–297. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3445/5735

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.