DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA YANG MEMPERSIAPKAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SBMPTN)

Zafirah Nursyta Wijaya -  Unika Widya Mandala Surabaya, Indonesia
elisabet widyaning hapsari* -  Unika Widya Mandala Surabaya, Indonesia

Supp. File(s): Plagiarism Check

ABSTRACT: PARENTAL SUPPORT AND LEARNING MOTIVATION IN HIGH SCHOOL STUDENTS PREPARING FOR SBMPTN

 

Students who want to follow the joint selection path to enter state universities must have the motivation to learn within themselves. Motivation learning is an internal or external drive for individuals to change their behavior, which is learning to achieve the planned goals. Increasing students' learning motivation, can be influenced by external factors, one of them is family factors, attention from parents, and a peaceful home atmosphere that will support children's learning enthusiasm. The family factor that is intended to increase children's learning motivation is support from parents. The objective of this research was to determine the relationship between parental support and learning motivation in students who are preparing for the joint selection path for state universities (SBMPTN). This research involved 121 participants of 12th grade high school students in Surabaya who will continue to state universities through the SBMPTN path. The sampling used was purposive sampling and snowball sampling. Data retrieval used a scale of parental support and learning motivation compiled by the researcher. This research used Kendall's Tau-B non-parametric statistics. The results showed that there was a significant relationship between parental support and learning motivation in students preparing for joint selection to enter state universities (r (119) = .384, p = .000). The higher the parental support, the higher the learning motivation, and vice versa, the lower the parental support, the lower the learning motivation. Based on this, parental support for children’s learning motivation is very influential, because with parental support it can make children motivated and serious in their learning activities.

 

Keywords: High School Students, Learning Motivation, Parental Support

 

Motivasi belajar merupakan dorongan internal ataupun eksternal pada diri individu untuk melakukan perubahan tingkah laku yaitu belajar agar mencapai tujuan yang telah direncanakan. Dalam meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa dapat dipengaruhi dari faktor eksternal salah satunya adalah faktor keluarga, perhatian dari orang tua, serta suasana rumah yang tentram akan menunjang semangat belajar anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang mempersiapkan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Penelitian ini melibatkan 121 partisipan siswa SMA kelas 12 di Surabaya yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Pengambilan data menggunakan skala dukungan orang tua dan motivasi belajar yang disusun sendiri oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik Kendall’s Tau-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang mempersiapkan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (r (119) = .384, p = .000). Semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajar, begitu juga sebaliknya semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah pula motivasi belajar. Melihat hal tersebut dukungan orang tua terhadap motivasi belajar anak sangat mempengaruhi, karena dengan adanya dukungan orang tua dapat menjadikan anak termotivasi serta bersungguh-sungguh dalam kegiatan belajarnya.

 

Kata kunci: Siswa SMA, Motivasi Belajar, Dukungan Orang Tua

Supplement Files

Keywords : dukungan orang tua, motivasi belajar, siswa SMA kelas 12

  1. Astuti, E. (2016). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa S1 keperawatam di Stikes William Booth Surabaya. Jurnal Keperawatan 05(01), 36-42.
  2. Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran . Semarang: IKIP Press.
  3. Dhitaningrum, M., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penelitian Psikologi 01 (02), 1-6.
  4. Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa menengah pertama. Jurnal Empati 07 (03), 154-159.
  5. Hasbullah. (2011). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. (2020). Informasi UTBK SBMPTN. DKI Jakarta: LTMPT.
  7. Lukita, D., & Sudibjo, N. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi pendidikan dan Akademia 10 (01), 145-161.
  8. Malwa, R. U. (2018). Dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa putra tahfidz Al-qur'an. Jurnal Psikologi Islami 03 (02), 137-144.
  9. Manuhutu, S. (2015). Analisis motivasi belajar internal siswa program akselerasi kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 03 (01), 104-115.
  10. Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2016). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa di SMP Negeri 11 Kota Pasuruan. Jurnal Penelitian Psikologi 07 (01), 1-9.
  11. Sari, S. F., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Bimbingan dan Konseling 05 (06), 1-12.
  12. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: Jhon Wiley & Son, Inc.
  13. Sigalingging, V. Y., Pakpahan, R. E., & Tampubolon, H. C. (2021). Hubungan dukungan sosial orang tua dengan motvasi belajar online pada mahasiswa prodi ners. Jurnal Keperawatan Notokusumo 09 (01), 83-95.
  14. Simbolon, P., Mendrofa, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi 01(01), 1-7.
  15. Slameto. (1988). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya . Jakarta: Bina Karsa.
  16. Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi 12 (02), 43-47.
  17. Tan, J. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. E-journal keperawatan (e-Kp) 01 (01), 1-8.
  18. Umboh, E. R., Kepel, B. J., & Hamel, R. S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp) 05 (01), 1-9.
  19. Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.