GAMBARAN CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP

Fransiska Vania* -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Supp. File(s): common.other
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran celebrity worship pada dewasa awal penggemar musik K-pop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi terhadapdua penggemar K-Pop.Seluruh responden berjenis kelamin perempuan dan berusia antara 21-25 tahun yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran celebrity worship berkaitan dengan reaksi emosi penggemar terhadap idolanya dimana subjek turut merasakan emosi yang dirasakan oleh idolanya, terkait pula dengan proses berpikir tentang idola yang mereka pahami, pikirkan, khayalkan, juga pendapat mereka mengenai idola mereka, serta perilaku sebagai penggemar yang terkait dengan hubungan parasosial dimana subjek rela menghabiskan uang untuk membeli barang-barang terkait idolanya, membuka foto idolanya ketika bosan di kelas, serta kecenderungan untuk selalu dekat dengan idolanya. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran mengenai pemaafan khususnya dari sudut pandang ilmu Psikologi, sebagaimana pengalaman mengenai celebrity worship pada dewasa awal yang menggemari K-Pop.

 

Kata kunci: Celebrity Worship, Dewasa Awal, Penggemar K-Pop.

 

Abstract

This study aims to determine the description of celebrity worship in early adulthood K-pop music fans. The research method used in this study is qualitative research with a phenomenological approach. Data collection was carried out by interview techniques, and observations of two K-Pop fans. female sex and aged between 21-25 years selected by purposive sampling technique. The results show that the image of worship celebrities is related to fans' reactions to their idols where the subject also feels the emotions felt by their idols, is also related to the process of thinking about idols that they understand, understand, imagine, as well as their opinions about their idols, as well as related behavior as fans. with parasocial relationships where the subject is willing to pay money to buy things related to his idol, open photos of his idol when bored in class, and the tendency to always be close to his idol.

 

Keywords: Celebrity Worship, Early Adults, K-Pop Fans.

Supplement Files

Keywords : Celebrity Worship, Early Adults, K-Pop Fans

  1. Alase, A. (2017). The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): A Guide to a Good Qualitative Research Approach. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(2), 9.https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.5n.2p.9
  2. Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. (2021).Dinamika psikologis fangirl k-pop.Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059
  3. Ananda, M., Hadi, N., Harda, N., & Meiji, P. (n.d.).Di balik perilaku konsumtif NCTZEN dalam pembelian merchaindise NCT (studi kasus komunitas NCTzen Malang).Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(9), 1011–1026. https://doi.org/10.17977/um063v1i92021p1011-1026
  4. Cresswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry & research design choosing among five tradition.Sage Pub.
  5. Korean Culture and Information Service. (2011). The korean wave: a new pop culture phenomenon. . Korean Culture and Information Service Ministry of Culture, Sports, and Tourism.
  6. Makkl, S. (2019, February 3). Rela habiskan jutaan demi ‘senang’ ala fan K-Pop. . CNN Indonesia. .
  7. Maltby, J. , G. D. C. , B. L. , & M. L. E. (2005). Intense-personal celebrity worship and body image: evidence of a link among female adolescents. . British Journal of Health Psychology, 10(1), 17–32.
  8. Maltby, J. , M. L. E. , H. J. , & A. D. D. (2004). Celebrity worshippers: inside the minds of stargazers. . Publish America.
  9. Marlin Benu, J. Y., Takalapeta, T., Nabit, Y., Studi Psikologi, P., & Kesehatan Masyarakat, F. (2019).Perilaku Celebrity Worship pada Remaja Perempuan.In Journal of Health and Behavioral Science (Vol. 1, Issue 1).
  10. Maulana, Y. (2017, December 20). Dua fans di Indonesia dikabarkan mencoba bunuh diri usai Jonghyun SHINee meninggal, kisahnya viral!Tribunnews.Com.
  11. McCutcheon, L. E. ,& M. J. (2002). Personality attributions about individuals high and low in the tendency to worship celebrities. . Current Research in Social Psychology, 7(19), 1–15.
  12. Pangerang, A. M. K. (2019, September 26). EXO konser di Indonesia November 2019, cek harga tiketnya.. Harian Kompas.
  13. Pujasari Supratman, L., Telekomunikasi Nomor, J., & Barat, J. (n.d.).Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.
  14. Rojek, C. (2012). Fame attack: the inflation of celebrity and its consequences. . Bloomsburry Publishing Inc.
  15. Studi, P., Psikologi, S., Kedokteran, F., Putri, D., Dewi, K. S., Komang, D., & Indrawati, R. (2019). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. In Jurnal Psikologi Udayana (Vol. 6, Issue 2).
  16. Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan r&d. .Alfabeta.
  17. Tionardus, M. (2020, January 24). Mengenal sasaeng, fans garis keras K-Pop yang ganggu kehidupan pribadi idol.. Kompas.Com.
  18. Zahrotustianah & Puspitasari, R. (2017, January 24). 7 konser K-Pop ini bikin merinding.. Viva.

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.