Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Listrik Pascabayar Dan Prabayar Di Kelurahan Kemiling Raya Bandar Lampung

Marcelly Widya W., Imam Arifin N. R

Sari


Seiring dengan perkembangan teknologi pada produk meter kWh listrik dan dengan efisiensi
kerusakan yang tinggi maka terjadi perubahan penggunaan tenaga listrik dari sistem pascabayar ke
sistem prabayar. Program listrik prabayar lebih banyak memberikan keuntungan kepada masyarakat
dari pada listrik pascabayar, namun penerimaan masyarakat belum maksimal, seiring dengan adanya
anggapan bahwa sistem prabayar lebih mahal dan lebih rumit,kurangnya sosialisasi dan dari hal-hal
yang demikian, ada kalangan yang lebih memilih program listrik prabayar dibandingkan program
listrik pascabayar, dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, peneliti akan membandingkan tingkat
kepuasan pelanggan (masyarakat) program listrik pascabayar dan program listrik prabayar, diantara
kedua program tersebut mana yang memiliki tingkat kepuasan yang lebih baik. Metode analisis
kuantitatif yang digunakan oleh peneliti adalah metode Chi Square untuk mengetahui perbandingan
tingkat kepuasan pelanggan terhadap penggunaan listrik pascabayar dengan listrik prabayar.
Sedangkan olah data statistik dengan menggunakan software SPSS 16. Dari hasil olah data SPSS 16
listrik prabayar lebih mempunyai tingkat kepuasan pelanggan 92% dibandingkan dengan nilai
kepuasan pelanggan listrik pascabayar sebesar 87%.


Kata Kunci


Kepuasan Pelanggan, Metode Chi Square

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v5i2.1280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##