Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governace sebagai Variabel Moderasi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Corporate Social Responsibility mempengaruhi nilai perusahaan. Dan mengetahui apakah Good Corporate Governance memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan pertimbangan dan batasan tertentu agar sampel yang dipilih relevan dengan tujuan penelitian. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 26 perusahaan yang terdaftar di BEI. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kedua, Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi memperlemah hubungan antara Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afiifah, N., Astutii, S. W. W., & Iirawan, D. (2021). Peingaruh Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity (Csr) Dan Reiputasii Peirusahaan Teirhadap Niilaii Peirusahaan. EiKUIiTAS (Jurnal Eikonomii Dan Keiuangan), 5(3), 346–364. https://doii.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.ii3.4644
Arianti, N. P. A., & Putra, I. P. M. J. (2018). Pengaruh Profitabilitas Pada Hubungan CorporateSocial Responsibility & Good Corporate GovernanceTerhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 24(1), 20–46.
Brigham & Houston, 2006, Fundamentals OfFinancials Managemen (Dasar-Dasar Manajemen Keuangan), Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam dan A. Chariri, 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Iindra Wiijaya, Ii. P., & Putu Wiirawatii, N. G. (2019). Good Corporatei Goveirnancei Seibagaii Peimodeirasii Peingaruh Profiitabiiliitas dan Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity pada Niilaii Peirusahaan. Ei-Jurnal Akuntansii, 26, 1436. https://doii.org/10.24843/eija.2019.v26.ii02.p22
Kariina, D. R. M., & Seitiiadii, Ii. (2020). Peingaruh Csr Teirhadap Niilaii Peirusahaan Deingan Gcg Seibagaii Peimodeirasii. Jurnal Riiseit Akuntansii Meircu Buana, 6(1), 37. https://doii.org/10.26486/jramb.v6ii1.1054
Leistarii, N. S., & Wiirawatii, N. G. P. (2018). Peingaruh Ukuran Peirusahaan dan Peingungkapan CSR teirhadap Niilaii Peirusahaan deingan GCG seibagaii Variiabeil Peimodeirasii. Ei-Jurnal Akuntansii, 23, 1386. https://ojs.unud.ac.iid/iindeix.php/Akuntansii/artiiclei/viieiw/37565
Mariiatun, Sriiwiidodo, U., & Wiibowo, Ei. (2017). Kiineirja Keiuangan, Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity, Niilaii Peirusahaan, Dan Good Corporatei Goveirnancei. Jurnal Eikonomii Dan Keiwiirausahaan, 17(1), 119–127.
Niida, N. K. N. L. (2022). Peingaruh corporatei sociial reisponsiibiiliity (csr) teirhadap niilaii peirusahaan deingan corporatei goveirnancei seibagaii variiabeil meidiiasii. Faiir Valuei: Jurnal Iilmiiah Akuntansii Dan Keiuangan, 4(11), 5124–5131. https://doii.org/10.32670/faiirvaluei.v4ii11.1797
Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Dan Csr Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Peringkat Pertama Ara, Isra Dan Peringkat Emas Proper Yang Listing Di Bei Periode 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3), 1–14.
Putrii, Z. B., & Budiiyanto. (2018). Peingaruh corporatei sociial reisponsiibiiliity teirhadap niilaii peirusahaan deingan keipeimiiliikan manajeiriial seibagaii variiabeil modeiratiing. Jurnal Iilmu Dan Riiseit Akuntansii, Vol.7(No.3), Hal.1-16.
R. Ei. Mudriikah, J. Eifeireidii, & M. M. (2024). Faktor-Faktor Yang Meimpeingaruhii Niilaii Peirusahaan. Jurnal Manajeimein, Akuntansii, Eikonomii, 3(1), 41–57. https://doii.org/https://doii.org/10.59066/jmaei.v3ii1.662
Rahardjo, Ak., M.Ak., CA, B. T., & Murdanii, R. (2016). Peingaruh Kiineirja Keiuangan Dan Peingungkapan Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity Teirhadap Niilaii Peirusahaan (Studii Kasus Pada Peirusahaan Bumn Yang Teirdaftar Dii Beiii Tahun 2010-2014). Jurnal Akuntansii Dan Biisniis Kriisnadwiipayana, 3(01), 1–9. https://doii.org/10.35137/jabk.v3ii01.54
Sarii, R., & Feibriiantii, R. A. (2021). Modeirasii Profiitabiiliitas Atas Peingaruh Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity teirhadap Niilaii Peirusahaan. Jurnal Iilmiiah Eikonomii Global Masa Kiinii, 12(2), 131–135. https://doii.org/10.36982/jiieigmk.v12ii2.1290
Sulastiiniingsiih, S., & Sholiihatii, R. Ii. (2018). Peingaruh Kiineirja Keiuangan Dan Corporatei Sociial Reisponsiibiiliity (CSR) Teirhadap Niilaii Peirusahaan Peirbankan Dii Bursa Eifeik Iindoneisiia. Kajiian Biisniis STIiEi Wiidya Wiiwaha, 26(1), 95–111. https://doii.org/10.32477/jkb.v26ii1.267
Yuliiana, V., & Purwanto, Ii. A. (2023). PEiNGARUH KIiNEiRJA KEiUANGAN TEiRHADAP NIiLAIi PEiRUSAHAAN DEiNGAN GOOD CORPORATEi GOVEiRNANCEi SEiBAGAIi VARIiABEiL MODEiRASIi (Studii Eimpiiriis pada Peirusahaan Manufaktur yang Teirdaftar dii Bursa Eifeik Iindoneisiia Peiriiodei 2019-2021). Diiponeigoro Journal of Accountiing, 12(3), 1–15. http://eijournal-s1.undiip.ac.iid/iindeix.php/accountiing
DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v13i4.19545
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##