Fraud Orderan Transportasi Berbasis Online Pada PT. Gojek Bandar Lampung

Yuliana -, Eka Sariningsih

Sari


Teknologi yang makin berkembang memberikan peluang bagi bisnis transfortasi secara online
diantaranya PT Gojek. Tidak ada suatu sistem yang sempurna, sistem gojek dimana masih memiliki
kelemahan dalam sistem orderan, sering terjadi kecurangan yang dilakukan para driver dan
konsumen,pemberian reward tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif untuk para
driver. Reward yang menggiurkan membuat para driver melakukan orderan sendiri yang seolah-olah
ada konsumen yang memesan,atau kecurangan yang dilakukan konsumen seperti oderan fiktif, yang
terjadi karena adanya kesepakatan antara driver dan Konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa rata –rata kecurangan ( froud) orderan
berdasarkan tekanan, peluang dan berdasarkan kompetensi . Pengujian dilakukan menggunakan taknik
metode rata-rata. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus sloven sebanyak 100
sampel driver Gojek PT. Gojek di Bandar lampung.
Hasil penelitian menunjukkan : 1). Rata-rata kecurangan ( froud) berdasarkan
tekanan(pressure) dalam penelitian ini menyatakan bahwa tekanan (pressure) Fraud Orderan Pada
Transportasi Berbasis Online .rata –rata diperoleh sebesar 9,87, 2) Rata-rata kecurangan ( froud)
berdasarkan Peluang (Opportunity) diperoleh sebesar 10,247, 3) Rata-rata kecurangan Berdasarkan
kompetensi (Comptence) rata- rata diperoleh sebesar 10,465.

Kata Kunci : Kecurangan, Tekanan, Peluang dan Kompetensi. 

Kata Kunci


Kecurangan, Tekanan, Peluang dan Kompetensi.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v8i2.2615

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##