PENGARUH LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN SERTA MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2020

Salma Mellisa Dewi, Gusganda Suria Manda

Sari


Profitabilitas ialah salah satu tolak ukur untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari riset ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh likuiditas serta leverage terhadap profitabilitas. Data dalam riset ini diambil dari laporan tahunan masing-masing perusahaan selama tahun 2016-2020. Pengambilan sampel memakai purposive sampel dengan beberapa kriteria tertentu sehingga menghasilkan 7 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun sehingga diperleh 35 data. Teknik analisis yang dipakai pada riset ini ialah analisis regresi berganda serta uji hipotesis. Hasil riset ini menunjukkan bahwa variabel likuiditas mempengaruhi profitabilitas sesedangkankan leverage tidak mempengaruhi profitabilitas.


Kata Kunci


Likuiditas, Leverage, Profitabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, Irham. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta, cv.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.

Kasmir. (2014). Bank serta Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan Edisi 1 Cetakan Kesembilan. Jakarta: Raja Grafindo

Periansya. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Priyantini, A., Utomo, S. W., & Murwani, J. (2018, October). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas Serta Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Consumers Good Industry. In FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (Vol. 6, No. 2).

Ruwanti, Gemi.(2011).Pengaruh Rasio Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Pada Bank-Bank Swasta GOPUBLIC Di Bursa Efek Indonesia.Banjarmasin

Saidi, (2004). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur go publik

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori serta Aplikasi.Edisi ke 4.Yogyakarta: BPFE.

Suharli, M. (2004). Pengaruh Profitabilitas serta Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi serta Keuangan.Vol.9, No.1, hal 9-17.

Syari, Kartika. (2014). Pengaruh Likuiditas Serta Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok Di Bursa Efek Indonesia. Surabaya

Tanzil, C. T., Lie, D., & Julyanthry, J. (2017). Pengaruh Likuiditas Serta Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. SULTANIST: Jurnal Manajemen serta Keuangan, 5(2), 10-17.

Wibowo, A., & Wartini, S. (2012). Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas serta Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di BEI. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v11i1.5983

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##