FINANCIAL STATEMENT FRAUD DAN F-SCORE PADA BEBERAPA PENELITIAN SKRIPSI PERGURUAN TINGGI, STUDI META ANALISIS

Anathasya Angelie Zeta Junus, Amelia Vernanda, Vincent Calvin, Carmel Meiden

Sari


Laporan keuangan merupakan instrumen utama bagi para investor untuk mengambil suatu keputusan. Maka, para investor harus mengetahui jika laporan keuangan yang digunakan tidak memiliki unsur kecurangan yang bermaterial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan hasil penelitian dari beberapa skripsi dan jurnal mahasiswa Perguruan Tinggi terkait Financial Statement Fraud dan F-Score pada laporan keuangan perusahaan di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 23 skripsi maupun jurnal mahasiswa perguruan tinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik meta-analisis untuk mengintegrasikan hasil penelitian jurnal dan skripsi dan menunjukkan kesimpulan F-Score terhadap Financial Statement Fraud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio return on asset, rasio leverage, rasio dewan komisaris independen, pergantian auditor eksternal, pergantian direksi, dan total foto direktur utama pada laporan keuangan memiliki pengaruh dalam pendeteksian Financial Statement Fraud.


Kata Kunci


Meta Analisis, Financial Statement Fraud, F-Score

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Centius, M. O. A., Dewi, R. C., Krisna, Y. A., & Meiden, C. (2022). Relevansi Nilai Informasi Akuntansi Terhadap Harga Saham Pada Beberapa Penelitian Skripsi Dan Jurnal Perguruan Tinggi, Studi Meta Analisis. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 11(3).

Susilo, L., Elisabeth, M., Chika, T. M., & Meiden, C. (2022). Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Meta Analisis Skripsi Mahasiswa. Jurnal Proaksi, 9(2), 229–243.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v12i3.8617

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##