KAJIAN HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI KALANGAN PELAJAR MADRASAH ALIYAH

Soimah Lailah* -  Universitas Semarang, Indonesia
Ulfa Fifi Ulan Safitri -  Universitas Semarang, Indonesia
Rini Sugiarti -  Universitas Semarang, Indonesia
Erwin Erlangga -  Universitas Semarang, Indonesia

Supp. File(s): common.other

Abstrak

Ketidakmampuan remaja untuk mengatur emosinya berkontribusi terhadap kenakalan remaja, yang mengakibatkan tindakan agresif yang ditujukan kepada teman sebayanya dan anggota masyarakat lainnya. Perilaku remaja dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Dukungan keluarga dapat meningkatkan kecerdasan emosional remaja sehingga dampak keluarga sangat besar. Dukungan keluarga dan kecerdasan emosional pada remaja Madrasah Aliyah Provinsi Bengkulu dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 85 sampel deskriptif korelasi dengan menggunakan strategi cluster sampling cross-sectional. Tes non-parametrik Spearman digunakan. Studi menunjukkan bahwa 31,2% remaja yang didukung keluarga memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, sedangkan 27,1% remaja yang tidak didukung tidak memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan pendampingan orang tua berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional remaja Madrasah Aliyah. Penelitian ini member implikasi pentingnya mempromosikan psikologi remaja dengan meningkatkan kesehatan keluarga, kesehatan, dan sekolah.

 

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Kecerdasan Emosional, Pelajar

 

 

 

Abstract

Teenagers' inability to effectively regulate their emotions contributes to juvenile delinquency, resulting in aggressive acts directed at their peers and other members of the community. Emotional intelligence is a crucial determinant of teens' actions and behaviors. Adolescent conduct is influenced by emotional intelligence. Family support can boost teens' emotional intelligence, therefore family impact is significant. Family support and emotional intelligence in Bengkulu Province Madrasah Aliyah teenagers are examined in this study. This research used 85 descriptive correlation samples using a cross-sectional cluster sampling strategy. Spearman non-parametric tests were used. Studies show that 31.2% of supported teens have high emotional intelligence, whereas 27.1% of undupported teens do not. Moreover, this research find parental assistance significantly affects Madrasah Aliyah = teens' emotional intelligence. This study gives implication the importance of promoting teenage psychology by improving families, health, and school health.

 

Keywords: Family Support, Emotional Intelligence, Student

Supplement Files

Keywords : dukungan keluarga dan kecerdasan emosional

  1. Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.3280
  2. Afero, B., & Adman, A. (2016). Peran Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3390
  3. Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V1i2.1243
  4. Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (N.D.). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. 3(2).
  5. Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i1.2061
  6. Aulia, L. A.-A., Kelly, E., & Zuhri, A. S. (N.D.). Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 11(4).
  7. Dewianawati, D., Efendi, M., & Revanji Oksaputri, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Komunikasi Dan Displin Kerja Terhadap Kineja Karyawan. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 223–230. Https://Doi.Org/10.55826/Tmit.V1iiii.47
  8. Engelen, B., Thomas, A., Archer, A., & Van De Ven, N. (2018). Exemplars And Nudges: Combining Two Strategies For Moral Education. Journal Of Moral Education, 47(3), 346–365. Https://Doi.Org/10.1080/03057240.2017.1396966
  9. Fauzi, A., Putri, I., Fauziah, N. A., Klarissa, S., & Damayanti, B. (2023). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Manajemen Kinerja). 4(4).
  10. Febriawan, I. M., Fauzan, A. A., Adelina, C., Afifah, H. N., Pari, R., &
  11. Januarsjaf, A. (2022). Qutest Construction And Psychometric Evaluation As Test Of Attention And Willpower For Employee Selection Screening. Jp3i (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia), 11(1), 55–63. Https://Doi.Org/10.15408/Jp3i.V11i1.22352
  12. Hidayatullaily, S., Buairi, H., Andriani, P., & Mushollin, R. (N.D.). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Terhadap Disposisi Matematis Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. 4(1).
  13. Labiq, A., & Hulaiyah, S. (N.D.). Pentingnya Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam.
  14. Lestari, A., Ma’wiyah, N., & Ihsan, M. (2020). Kontribusi Dukungan Keluarga Dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 51–60. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V8i1.1318
  15. Lestari, F. A., Sagala, H. H., & Nurrohman, W. (2023). Literature Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 392–399. Https://Doi.Org/10.56832/Edu.V1i3.150
  16. Lu, K., Yang, H. H., Shi, Y., & Wang, X. (2021). Examining The Key Influencing Factors On College Students’ Higher-Order Thinking Skills In The Smart Classroom Environment. International Journal Of Educational Technology In Higher Education, 18(1), 1. Https://Doi.Org/10.1186/S41239-020-00238-7
  17. Manurung, K. (2022). Membingkai Kontribusi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sebagai Pola Pendidikan Kristen Di Keluarga. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 85–100. Https://Doi.Org/10.54170/Harati.V2i1.91
  18. Mora, L. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kesulitan Belajar. 1(1).
  19. Murtadlo, A., & Widhyahrini, K. (2019). Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 32. Https://Doi.Org/10.21043/Quality.V7i2.5848
  20. Pendit, S. A., Astika, T., & Supriyatna, N. (2019). Analisis Pengaruh Dukungan Keluarga, Dan Faktor Lainnya Terhadap Pemberian Imunisasi Mr Pada Balita. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 322–331. Https://Doi.Org/10.31539/Jks.V3i1.848
  21. Priharsiwi, D., & Kurniawati, T. (2021). Gambaran Dukungan Keluarga Dan Kepatuhan Diet Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 324–335. Https://Doi.Org/10.48144/Prosiding.V1i.679
  22. Putri, R. N., Hidayah, N., & Mujidin. (2021). Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, Dan Gaya Belajar Visual: Kontribusi Terhadap Stres Akademik Siswa Di Masa Pandemi. Psyche 165 Journal, 339–345. Https://Doi.Org/10.35134/Jpsy165.V14i4.136
  23. Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam. 4.
  24. Safitri, F., & Yuniwati, C. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat Ii Prodi D-Iii Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 2(2), 154. Https://Doi.Org/10.33143/Jhtm.V2i2.248
  25. Sani, M. K. (N.D.). Hubungan Pemberian Dukungan Sosial Orangtua Dengan Disiplin Belajar Siswa Sd Kelas Iv.
  26. Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. 3(4).
  27. Siregar, R. N., Prabawanto, S., Mujib, A., & Rangkuti, A. N. (2021). Faktor Dukungan Keluarga Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di Iain Padangsidimpuan. Jipmat, 6(2), 250–260. Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V6i2.9196
  28. Tubulau, I. (2020). Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (Jireh), 2(1), 27–38. Https://Doi.Org/10.37364/Jireh.V2i1.29
  29. Yantiek, E. (2014). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Prososial Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V3i01.366
  30. Yogas, A., & Hidayah, N. (2024). Efikasi Diri, Motivasi Wirausaha, Dukungan Keluarga, Dan Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), 271–283. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V6i2.29830
  31. Yusuf, L. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2024 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.