PENGARUH MEDIA MOTION FOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media motion foot terhadap kemampuan berpikir Geometri Siswa Kelas IV SDN 1 Pangkalan Lampam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eskperimental dengan design one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah sepuluh siswa kelas IV SDN 1 Pangkalan Lampam. Hasil analisis dari penelitian ini adalah paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh media motion foot yang sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir geometri pada siswa kelas IV SDN 1 Pangkalan Lampam. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan media Motion Foot dapat dijadikan sebagai alternatif efektif dalam pembelajaran geometri, terutama untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep geometri yang bersifat abstrak. Interaksi langsung dan feedback yang diberikan oleh media ini memperkuat pemahaman serta memenuhi berbagai gaya belajar siswa, sehingga membuat pembelajaran geometri menjadi lebih menarik dan efektif.
Kata Kunci: Pendidikan, Motion Foot, Geometri
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of Motion Foot media on the geometric thinking skills of fourth grade students of SDN 1 Pangkalan Lampam. The research method used in this study is Pre-experimental with One Group Pretest-Posttest Design. Research sample in thi study was ten fourth grade students of SDN 1 Pangkalan Lampam. The results shows there is a very significant effect of motion foot media on geometric thinking skills in fourth grade students of SDN 1 Pangkalan Lampam. Based on the results of this research, the use of Motion Foot media can be used as an effective alternative in learning geometry, especially to increase students' understanding of abstract geometric concepts. It is hoped that teachers can integrate this motion media-based technology into learning to increase student motivation and learning outcomes. This research also opens up opportunities for the development of a more interactive and technology-based curriculum in mathematics education at the elementary level.
Keywords: Education, Motion Foot, Geometry
Keywords : Education, Motion Foot, Geometry
- Almahira, A. R. (t.t.). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar.
- Amalia, R. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2568
- Ananda Dwi Putri & Hanifah Fitriyani. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.47134/ppm.v2i1.1112
- Aries, N. S., Monoarfa, F., & Ismail, R. P. (2024). Teori Belajar Van Hiele dalam Penyajian Materi Geometri Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. 7(2).
- Artawijaya, A. A. N. B., & Saptiari, N. M. (2023). Hubungan Perkembangan Kognitif Peserta Didik Dengan Proses Belajar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 504–515. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3401
- Hasibuan, I. S. (2022a). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Geometri Anak. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/x5rkc
- Hasibuan, I. S. (2022b). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Geometri Anak. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/x5rkc
- Jamal, A., Nazib, F., & Yuliani, F. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 194. https://doi.org/10.52434/jpai.v3i1.3744
- Kholid, M. N., Astiani, A. A., & Swastika, A. (2021). Analisis Pembelajaran Geometri pada Siswa SMP/MTs Secara Online Menurut Psikologi Warna. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 122. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.9433
- Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Pada Pembelajaran Matematika Siswa Smp.
- Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294
- Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14
- Nia Aprilia, Silvia Fadila, Muhammad Hanafi, Yanti Fitria, & Afriza Media. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri: Tinjauan Literature Review. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 3(1), 314–317. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i1.1216
- Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.88914
- Putri, A. H. (2017). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Geometri Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Swasta Di Kecamatan Kebomas Gresik. 23.
- Putri, S. A., Purba, H., Az-Zahra, Z. A., Mailani, E., & Rarastika, N. (t.t.). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Materi Kubus.
- Rahman, A. A., Amry, Z., & Surya, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar.
- Rahmawati, S., & Rahmani, A. (2024a). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pengenalan Geometri Kelas Ii Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 2 Sangiangtanjung. 7(2).
- Rahmawati, S., & Rahmani, A. (2024b). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pengenalan Geometri Kelas Ii Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 2 Sangiangtanjung. 7(2).
- Windasari, I. W., & Dheasari, A. E. (2023). Studi Literatur Pembelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.752
- Yuniarti, S., & Setyowani, N. (2018). Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.