PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMP YANG BERMAIN GAME ONLINE

Octa Reni Setiawati -  Universitas Malahayati, Indonesia
Agin gunado* -  Fakultas Kedokteran Univeristas Malahayati

ABSTRACT: AGRESIF BEHAVIOR IN MIDDLE SCHOOL STUDENT WHO PLAY ONLINE GAMES

Introduction:Playing online games has become part of the lifestyle. Increased in online games player is supported by the development of very fast internet, in Indonesia internet user has reached 63 million people from the total population. One of the negative impact of online games is emersion of aggressive behavior by the player, like speaking harshly, slamming or throwing a game device, even hitting players who are next to them.

Purpose: The aim of this study is to describe the aggressive behavior in junior high school students who play online games in Bandar Lampung Year 2019.

Methods: This study was analytic cross sectional with a total sample of 539 students.

Results: This study has found 98 students (18.2%) with a low level of aggressive behavior, 403 students (74.8%) with a moderate level of aggressive behavior, and 38 students (7.1%) with a high level of aggressive behavior.

Conclusion: Based on the results of the study, the average aggressive behavior in junior high school students who play online games in Bandar Lampung has a moderate level of aggressive behavior.


Latar Belakang: Bermain game online sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Meningkatnya player game online didukung oleh perkembangan internet yang sangat cepat, di Indonesia pengguna internet mencapai 63 juta orang dari total jumlah penduduk. Salah satu dampak negative dari fame online adalah munculnya perilaku agresif pada pemain, seperti berkata kasar, membanting atau melempar perangkat game, bahkan memukul pemain yang berada disebelahnya.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran   perilaku  agresif  pada  Siswa  SMP yang bermain gameonlinedi Bandar Lampung Tahun 2019.

Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional dengan  jumlah  total sampel  539  Siswa.

Hasil: Penelitian ini menemukan  98 siswa (18,2%) dengan perilaku agresif  tingkat  rendah, 403 siswa (74,8%) dengan  perilaku  agresif   tingkat  sedang, serta 38 siswa (7,1%) dengan perilaku agresif tingkat tinggi.

Kesimpulan:  Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata perilaku agresif pada siswa  SMP yang bermain  game online  di Bandar Lampung memiliki perilaku agresif  tingkat sedang.

Keywords : intensitas bermain game online

  1. APJII. (2017). Diunduh dari https://apjii.or.id/. (diakses 18 November 2018).
  2. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Social Psychology Tenth Edition. Alih bahasa: Ratna Djuwita.
  3. Febrianti, T., Suprapti, A., & Sulian, I. (2015). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VII 1 di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
  4. Haqq, T. A. (2016). Hubungan antara intensitas bermain game online terhadap agresivitas remaja awal di warnet “A, B dan C” Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  5. Hutomo, M. R., & Ariati, J. (2017). Kecenderungan Agresivitas Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa SMP Di Semarang. Empati, 5(4), 776-779.
  6. Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2012). Online gaming addiction in children and adolescents: A review of empirical research.
  7. Majorsy, U., Kinasih, A. D., Andriani, I., & Lisa, W. (2013). Hubungan antara Keterampilan Sosial dan Kecanduan Situs Jejaring Sosial pada masa Dewasa Awal. Prosiding PESAT, 5.
  8. Putri, I. C., & Wahyuni, M. (2017). Hubungan antara Durasi Bermain Video Game dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas IV & V SDN 007 Samarinda.
  9. Waas, P. M. (2015). Hubungan antara Kecanduan Bermain Game Online Jenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter dengan Perilaku Agresif pada Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (Doctoral dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW).
  10. Wardana, S. (2014). Hubungan Forgiveness dengan Perilaku Agresi pada Remaja (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau).
  11. Yani, J.A. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Bermain Video Game dengan Interaksi Sosial pada Anak di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.
  12. Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat