PELATIHAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA SMK

Syarifah Ivonesti* -  STAIN Bengkalis, Indonesia
Rany Fitriany -  Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia
Laily Maghviroh -  UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

ABSTRACT: OUTBOND TRAINING TO INCREASE SELF EFFICACY IN VOCATIONAL SCHOOL STUDENT

 

This study aims to see the effect of outbound training in increasing self-efficacy of vocational students. Data collection using a self-efficacy scale, interviews and observations. The research design used was The one Group Pretest-postest Design. The analysis used two related sample tests with the Wilcoxon test and qualitative analysis to describe the effect of outbound training to increase self-efficacy in vocational students. The results showed that there was an effect of outbound training on the self-efficacy of vocational students. The influence is positive, which means that when vocational students receive outbound training, the self-efficacy of vocational students will get positive changes related to self-efficacy.

 

Keywords: Outbond Training, Self efficacy, Vocational Students

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan outbound dalam meningkatkan self efficacy siswa SMK. Pengumpulan data menggunakan skala self efficacy, wawancara dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Design. Analisis menggunakan two related sample test dengan uji Wilcoxon dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan outbound untuk meningkatkan self efficacy pada siswa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan outbound terhadap self efficacy siswa SMK. Adapun bentuk pengaruhnya adalah positif, yang artinya ketika siswa SMK mendapatkan pelatihan outbound maka self efficacy siswa SMK akan mendapatkan perubahan yang positif terkait self efficacynya.

 

Kata kunci: Pelatihan Oubound, Self Efficacy, Siswa SMK

Keywords : Pelatihan Oubound, Self efikasi, Siswa SMK

  1. Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control.
  3. Cherian, J., & Jacob, J. (2013). Impact of self efficacy on motivation and performance of employees.
  4. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2004). GBPP. Kurikulum SMK 2004. Jakarta: Dept P & K.
  5. Depdiknas, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesi Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Umtuk Pendidikan Dasar dan Menengah. di akses 10 Agustus 2020 (http://akhmadsudrajat.file.wordpress.com)
  6. Goldstein, I. L., & Ford, J. K. (2002). Training in organization: Needs assessment, development and evaluation, CA: Wadsworth Group, Thompson Learning.
  7. Harsanti, A. G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Outbond untuk Peningkatan Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangrejo. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14(25), 21-29.
  8. Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 219-226.
  9. Syafrina, R., Nashori, F., & Rachmahana, R. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Outbond terhadap Peningkatan Tim Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah †œJbâ€. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(1), 43-58.
  10. Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2000). Research methods in psychology. McGraw-Hill.
  11. Suseno, M. N. M. (2009). Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri sebagai pelatih pada mahasiswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 1(1), 93-106.
  12. Widyasari, A. (2015). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual pada Materi Usaha, Energi, dan Daya untuk Peserta Didik Kelas X SMK Harapan Kartasura (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
  13. Myers, N. D., Vargas-Tonsing, T. M., & Feltz, D. L. (2005). Coaching efficacy in intercollegiate coaches: Sources, coaching behavior, and team variables. Psychology of Sport and Exercise, 6(1), 129-143.
  14. Bandura, A. (1986). The explanatory and predictive scope of self-efficacy theory. Journal of social and clinical psychology, 4(3), 359-373.

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.