FAKTOR-FAKTOR PEMICU STRES PADA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Deswita Anggrini* -  Universitas Negeri Padang, Indonesia

ABSTRACT : STRESS TRIGGERING FACTORS IN STUDENTS DURING ONLINE LEARNING

 

This study aimed to explore the problems experienced by students during online learning that cause stress. This research is focused on senior high school students, where they have a bigger responsibility, that is, they will soon enter university level. This research is a qualitative research involving 50 male (n = 7) and female (n = 43) student informants who attend high school (n = 40), and MA (n = 10) in Tanah Datar District. Informants are asked to fill in open and closed questions related to research topics through an online form (google form). The results of the study found that the triggers for academic stress in Tanah Datar was difficulty in doing assignments, not understanding learning materials, and unstable internet networks and insufficient internet quotas. The efforts made to overcome the existing obstacles are asking for help / asking teachers and friends, and trying to find solutions to any problems that arise.

 

Keyword: Stress, Online Learning, High School Students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menggali permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring hingga menimbulkan stress. Penelitian ini difokuskan pada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, dimana mereka memiliki tanggungjawab yang lebih besar yaitu mereka akan segera memasuki jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melibatkan 50 informan siswa Laki-Laki (n=7) dan perempuan (n=43) yang bersekolah di SMA (n=40), dan MA (n=10) di Kabupaten Tanah Datar. Informan diminta untuk mengisi pertanyaan terbuka dan tertutup terkait topik penelitian melalui formulir daring (google form). Hasil penelitian menemukan faktor pemicu stres akademik di Kabupaten Tanah Datar ialah karena kesulitan dalam mengerjakan tugas, tidak memahami materi pembelajaran, jaringan internet yang tidak stabil dan kuota internet yang tidak mencukupi. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada ialah meminta bantuan / bertanya kepada guru dan teman, serta berusaha mencari solusi dari setiap masalah yang muncul. 

 

Kata kunci: Stres, Belajar Daring, Siswa SMA.

Keywords : Stres, Belajar Daring, Siswa SMA

  1. Aco, H. (2020). Siswa SMA Bunuh Diri Diduga Stres Akibat Tugas Belajar Online. Diunduh dari: https://www.tribunnews.com/regional/2020/10/17/siswa-sma-bunuh-diri-diduga-stres-akibat-tugas-belajar-online.
  2. Agista, I. (2011). Penanganan Kasus Stres Dalam Menghadapi Aktivitas Kuliah Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Pengelolaan Diri Pada Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES Tahun Ajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
  3. Asmara, C. G. (2020). Para siswa, simak surat terbaru Mendikbud Nadiem untuk kalian. CNBC Indonesia. Diunduh dari: https://www.cnbcindonesia.com/tech/2020032512-4101-37-147405/para-siswa-simak-surat-terbarumendikbud-nadiem-untuk-kalian.
  4. Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry research, 287, 112934.
  5. Desmita, D. (2010). Psikologi Perkembangan, cet ke-6. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Fajar, T. (2020). Arti belajar di rumah di tengah wabah virus corona. Okezone News. Diunduh dari: https://www.news.okezone.com/read/2020/03/25/65/2188872/arti-belajar-di-rumah-di-tengah-wabahvirus-corona.
  7. Fink, G. (2010). Stress: definition and history. Stress science: neuroendocrinology, 3(9).
  8. Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.
  9. Hidayatullah, F., & Aminoto, C. (2018). Faktor eksternal tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam adaptasi proses pembelajaran. Proceeding of The URECOL, 172-181.
  10. Tim KPAI. (2020). Kebanjiran Pengaduan Dari Para Siswa yang Mengeluhkan Tugas di Luar Kewajaran. KPAI.go.id. diunduh dari https://www.kpai.go.id/berita/kpai-kebanjiran-pengaduan-dari-para-siswa-yang-mengeluhkantugas-di-luar-kewajaran pada Maret 2020.
  11. Morgan, H. (2020). Best practices for implementing remote learning during a pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135-141.
  12. Reva, K. (2014). Aplikasi Bimbingan Belajar jarak jauh (Distance learning) pelajaran matematika Berbasis WEB dengan Metode WBL. Pelita Informatika Budi Darma, 8(3).
  13. Robbins, S. P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Jilid I. Edisi Delapan. Edisi Bahasa Indonesia.
  14. Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12.
  15. Shukla, T., Dosaya, D., Nirban, V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors extraction of effective teaching-learning in online and conventional classrooms. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 422-427.
  16. Yusoff, M. S. B., & Rahim, A. F. A. (Eds.). (2010). The medical student stressor questionnaire (MSSQ) manual. Universiti Sains Malaysia.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.