HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN DISMENORE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA

Dita Permata Dewi* -  Universitas Malahayati, Indonesia
Vira Sandayanti -  Universitas Malahayati, Indonesia
Nopi Sani -  Universitas Malahayati, Indonesia

Supp. File(s): common.other

Students need learning concentration as an effort to focus their thoughts on the object being studied. The level of student concentration is influenced by internal and external factors. This study aims to determine the relationship between the level of anxiety and dysmenorrhea on learning concentration in students. This research is an analytical study with a cross sectional design. The research sample was calculated by the Slovin formula and obtained a sample of 145 female students of the Faculty of General Medicine, Malahayati University class of 2017. Retrieval of data using a scale of anxiety level, dysmenorrhea scale and learning concentration scale. Data were analyzed using Rank Spearman's. The results showed that there was a negatif significant relationship between the level of anxiety and dysminorrhea with learning concentration among female students of the general medical faculty of Malahayati University. From the results of the research, students are expected to minimize menstrual pain (dysmenorrhea) by taking drugs and it is also hoped that they can control anxiety by planning what will be done so that learning concentration is not disturbed.

 

Keywords: Anxiety Level, Concentration In Learning, Dysminorrhea.

 

Mahasiswa membutuhkan konsentrasi belajar sebagai usaha memusatkan pikiran terhadap objek yang sedang dipelajari. Tinggi rendahnya konsentrasi mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dan dismenore terhadap konsentrasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian dihitung menggunakan rumus slovin dan didapatkan sampel dengan jumlah 145 mahasiswi Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati angkatan 2017. Pengambilan data menggunakan skala tingkat kecemasan, skala dismenore dan skala konsentrasi belajar. Data dianalisis menggunakan Rank Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara tingkat kecemasan dan disminore dengan konsentrasi belajar pada mahasiswi fakultas kedokteran umum universitas malahayati. Dari hasil penelitian mahasiswa diharapkan  dapat meminimalisir nyeri haid (dismenore) dengan cara mengonsumsi obat-obatan dan juga diharapkan dapat mengontrol kecemasan dengan cara membuat perencanaan terhadap hal yang akan dilakukan agar konsentrasi belajar tidak terganggu.

 

Kata Kunci: Dismenore, Konsentrasi Dalam Belajar, Tingkat Kecemasan.

Supplement Files

Keywords : konsentrasi belajar, dismenore, kecemasan

  1. Akin, A., & Çetın, B. (2007). The Depression Anxiety and Stress Scale (DASS): The study of Validity and Reliability. Educational Sciences: Theory & Practice, 7(1).
  2. Anesthesia, R. M., Alie, I. R. and Tresnasari, C. (2016). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Konsentrasi Menjelang SOOCA pada Mahasiswa Laki-Laki Tingkat Satu Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 2(2), 531–538.
  3. Anggraeni, R. D., Lismidiati, W. and Harjanto, T. (2017). Hubungan Nyeri Menstruasi dengan Konsentrasi Belajar pada Siswi SMA Negeri di Wilayah Cangkringan. Jurnal keperawatan klinis dan komunitas, 1(3),140–148.
  4. Dewi, T. R. (2019). Hubungan dismenore dengan konsentrasi belajar pada remaja putri dipesantren mahasiswa unissula semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.
  5. Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2014). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif.
  6. Pramana, K. D., Okatiranti, O., & Ningrum, T. P. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kejadian Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 4(2).
  7. Pujiana, D., & Lestari, M. (2017). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa / I Program Studi Ilmu Keperawatan ( Psik ) Semester Vi Stikes Muhammadiyah Palembang. Jurnal Masker Medika, 5(1), 315–325.
  8. Saba, R. T., Lisiswanti, R. and Cania, E. (2018). Hubungan Self-efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, Bandar Lampung.
  9. Safitri, E. (2020). Konsentrasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dan Hubungannya Dengan Lingkungan Belajar. Skripi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, Makassar.
  10. Sagareno, A. Z. (2020). Korelasi Adiksi Ponsel Pintar Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung
  11. Sinaga, R. K. S. (2015). Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Siswi SMA Negeri 4 Medan. Skripsi, Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.