KONTROL DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Intan Islamia* -  UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Muhammad Pedy Purnama -  UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

ABSTRACT: SELF-CONTROL AND STUDENTS CONSUMPTIVE BEHAVIOR DURING COVID-19 PANDEMIC

 

This study aimed to determine the relationship between self-control and students consumptive behavior during Covid-19 pandemic. By using quantitative methods, this study involved a sample of 91 students. Data was collected using the Self-Control Scale (α = 0.833) and the Consumptive Behavior Scale (α = 0.859). The data were then analyzed using the Pearson correlation test with SPSS 20.0 software for windows. The results showed that there was a significant negative relationship between self-control variables and student consumptive behavior in Covid-19 pandemic. This result means that there is a tendency that higher self-control will lower the consumptive behavior, and vice versa. Further discussion regarding the relationship between the two variables, especially during the Covid-19 pandemic, still needs to be carried out.

 

Keywords: Covid-19, Self-Control, Students Consumptive Behavior

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan sebanyak 91 sampel mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan Skala Kontrol Diri (α = 0,833) dan Skala Perilaku Konsumtif (α = 0,859). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara variabel kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil ini bermakna bahwa terdapat kecenderungan semakin tinggi kontrol diri mahasiswa maka akan semakin rendah perilaku konsumtif yang dilakukan, begitupula sebaliknya. Diskusi lebih lanjut mengenai hubungan antara kedua variabel terutama selama masa pandemi Covid-19 masih perlu dilakukan.

 

Kata kunci: Covid-19, Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Keywords : Covid-19, Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif Mahasiswa,

  1. Abdullah, D., Kurnadi, E., & Apriyani, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka. 5(1), 9.
  2. Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal. Skripsi.
  3. Anggraini, R., Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. 12(21), 34-42.
  4. Anggraini, R., Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. 12(21), 34-42.
  5. Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Psikologi Pengguna E-Commerce Shopee. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 11.
  6. Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 79-83., 1(2), 79–83
  7. Averill, J. R. (2012). Anger And Aggression: An Essay On Emotion. Springer Science & Business Media.
  8. Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Raza, S. M., & Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 5.
  9. Chaplin, J.P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  10. Chita, Regina CM, David L., Pali, C. (2015). Hubungan antara Self-Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik (eBm). Vol. 3, No. 1: 297-302.
  11. CNN Indonesia. (2020). Transaksi e-commerce Naik Nyaris Dua Kali Lipat Saat Pandemi. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201021193353-92-561232/transaksi-e-commerce-naik-nyaris-dua-kali-lipat-saat-pandemi
  12. Di Crosta, A., Ceccato, I., Marchetti, D., La Malva, P., Maiella, R., Cannito, L., … Di Domenico, A. (2021). Psychological factors and consumer behavior during the COVID-19 pandemic. PLOS ONE, 16(8), e0256095.
  13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256095
  14. Durandt, D. C., & Wibowo, D. H. (2021). Hubungan Antara Konformitas
  15. Dan Perilaku Konsumtif Pakaian Pada Remaja Akhir. Humanlight Journal of Psychology, 2(2), 1–12.
  16. Eger, L., Komárková, L., Egerová, D., & Mičík, M. (2021). The effect of COVID-19 on consumer shopping behaviour: Generational cohort perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102542. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102542
  17. Fatimah, Siti. (2013). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswi Di Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  18. Firmandani, W., Sya’bania, A. F., Abdani, F., & Madani, E. (2021). Analysis of Indonesian Consumer Online Shopping Behavior During the Covid-19 Pandemic: A Shopee Case Study. THE INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS REVIEW (THE JOBS REVIEW), 4(2), 191–202.
  19. Fitriani, N.A. (2016). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Produk Fashion Online Shopping Pada Mahisiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  20. Fromm, E., Anderson, L.A. (2017). The Sane Society. USA: Routledge
  21. Gordon-Wilson, S. (2022). Consumption practices during the COVID-19 crisis. International Journal of Consumer Studies, 46(2), 575–588. https://doi.org/10.1111/ijcs.12701
  22. Gumulya, J, Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi ,11(1), 50-65.
  23. Handayani, R., & Nilasari, I. (2021). Effect Of Online Shopping On Consumtive Behavior In Pandemic Time Covid-19 (Case Study of Online Shopee’s Millennial Generation Consumers). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 852–858.
  24. Harnum, Dewi. (2012). Hubungan antara Teknik Kontrol Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Mahasiswi di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang
  25. Jayanti, (2016). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Mahasiswi Universitas Setia Budi Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta.
  26. Katadata. (2021). Pola Belanja Online di Kalangan Anak Muda Berubah Saat Pandemi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/03/pola-belanja-online-di-kalangan-anak-muda-berubah-saat-pandemi
  27. Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I. Jakarta : Prentice Hall
  28. Laato, S., Islam, A. K. M. N., Farooq, A., & Dhir, A. (2020). Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19 pandemic: The stimulus-organism-response approach. Journal of Retailing and Consumer Services, 57, 102224. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102224
  29. Loxton, M., Truskett, R., Scarf, B., Sindone, L., Baldry, G., & Zhao, Y. (2020). Consumer Behaviour during Crises: Preliminary Research on How Coronavirus Has Manifested Consumer Panic Buying, Herd Mentality, Changing Discretionary Spending and the Role of the Media in Influencing Behaviour. Journal of Risk and Financial Management, 13(8), 166. https://doi.org/10.3390/jrfm13080166
  30. Maulana, R. (2013). Remaja dan Perilaku Konsumtif. Retrieved februari 23, 2015, from Kompasiana: http://sosbud.kompasiana.com/20 13/10/18/remaja-dan-prilakukonsumtif-599965.html
  31. Mehta, S., Saxena, T., & Purohit, N. (2020). The New Consumer Behaviour Paradigm amid COVID-19: Permanent or Transient? Journal of Health Management, 22(2), 291–301. https://doi.org/10.1177/0972063420940834
  32. Munazzah, (2016). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  33. Padli, M. A., Safitri, A., & Erawati, D. (2021). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa IAIN Palangka Raya. FUAD International Conference on Islamic Studies, 9. Palangkaraya.
  34. Pratiwi, R. P., & Susanti, A. (2022). MENGUJI LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MILLENIAL PENGGUNA GO-JEK SUKOHARJO. JURNAL LENTERA BISNIS, 11(1), 61. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i1.502
  35. Rahmawati, V. E., & Surjanti, J. (n.d.). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 4(2), 11–18.
  36. Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
  37. Renaldy, M., & Dewi, R. S. (2018). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Konsumen Online Shop Melalui Sosial Media Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Kognisia, 1(1), 94–97.
  38. Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 5(1), 53–65.
  39. Shafira, M. (2020). Analysis of Consumptive Behavior of Indonesian Society During the Pandemic of Corona Virus (Covid-19). International Journal of Cultural and Social Science, 1(2), 35–39.
  40. Shohibullana, I. H. (2014). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa (Di Tinjau Dari Lokasi Sekolah). Jurnal Online Psikologi , 46-61
  41. Singh, D. R., Sunuwar, D. R., Shah, S. K., Sah, L. K., Karki, K., & Sah, R. K. (2021). Food insecurity during COVID-19 pandemic: A genuine concern for people from disadvantaged community and low-income families in Province 2 of Nepal. PLOS ONE, 16(7), e0254954. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0254954
  42. Sukari, Larasati.T.A., Mudjijono, Susilantini. E. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta
  43. Suyasa, Y. dan Fransisca. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran. Jurnal Pronesis. Desember Vol.7, No.2 172-199
  44. Tangney, J.P, Baumeiter, R.F. Boone, A.L. (2004). High self-control predicts good adjusments, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Jurnal of Personality, 72(2), 271-324.
  45. Taufik, A (2006). Peran dan tanggung jawab mahasiswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  46. Triyaningsih, SL. 2011.Dampak Online Marketing melalui Facebook terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat.Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. III, No. II, Hal : 172-177
  47. Zwanka, R. J., & Buff, C. (2021). COVID-19 Generation: A Conceptual Framework of the Consumer Behavioral Shifts to Be Caused by the COVID-19 Pandemic. Journal of International Consumer Marketing, 33(1), 58–67. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1771646

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.