HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA

Sekar Nahdia Falcha* -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Sri Aryanti Kristianingsih -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Supp. File(s): common.other
Abstrak

Perkembangan teknologi yang berlangsung dengan cepat membuat mudahnya pertukaran informasi melalui media sosial. Pertumbuhan penggunaan media sosial membawa banyak dampak bagi setiap pengguna jejaring sosial, salah satunya interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap interaksi sosial pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif  dengan  desain  korelasional. Jumlah partisipan penelitian berjumlah 105 orang berdasarkan teknik non probability sampling yaitu accidental sampling. Skala yang digunakan terdiri dari skala intensitas penggunaan media sosial dan skala interaksi sosial. Hasil penelitian dengan menggunakan teknik korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif dan tidak signifikan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan interaksi sosial. Hal tersebut bermakna tinggi atau rendahnya intensitas penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya interaksi sosial pada mahasiswa. Interaksi sosial mahasiswa tidak hanya tergantung pada faktor intensitas penggunaan media sosial instagram saja melainkan dipengaruhi juga oleh faktor-faktor lainnya.

 

Kata kunci: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Interaksi Sosial, Mahasiswa.

 

Abstract

The rapid development of technology makes it easy to exchange information through social media. The growth in the use of social media has many impacts on every user of social networks, one of which is social interaction. This study aims to determine the relationship between the intensity of Instagram social media use and social interaction among Satya Wacana Christian University students. The research method used is quantitative with a correlational design. The number of research participants was 105 people based on the non-probability sampling technique, namely accidental sampling. The scale used consists of a scale of the intensity of social media use and a scale of social interaction. The results of the study using the Pearson correlation technique show that there is a negative and insignificant correlation between the intensity of Instagram social media use and social interaction. This means that the high or low intensity of using Instagram social media does not affect the level of social interaction. Student social interaction does not only depend on the intensity factor of using Instagram social media, but is also influenced by other factors.

 

Keywords: Social Media Usage Intensity, Social Interaction, Students College

Supplement Files

Keywords : Intensitas Penggunaan Media Sosial, Interaksi Sosial, Mahasiswa

  1. Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. In International Journal of Strategic Innovative Marketing (Vol. 3, pp. 117–191).
  2. Bewu, Y., Dwikurnaningsih, Y., & Windrawanto, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas X Ips Sma Kristen Satya Wacana Salatiga. Psikologi Konseling, 15(2), 462–473. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16195
  3. Cahyono, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
  4. Data Books. (2022). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa
  5. databoks. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
  6. Erickson. (2011). Hubungan Intensitas Mengakses Situs Jejaring Sosial dengan kemampuan Interaksi Sosial pada Mahasiswa 2011 Fakultas Kedokteran UNS. Surakarta: Perpustakaan UNS, 10.
  7. Frisnawati, A. (2016). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Iklan Kosmetik Dengan Minat Membeli Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. Science of Surverying and Mapping, 41.
  8. Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Replika Aditama.
  9. Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga (ed.)).
  10. Husnaini, N., & A’yun, Q. (2018). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Karakter Siswa. El Midad, 2020. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/777
  11. Juditha, C. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian Iptek-Kom, 13 (1), 1-.
  12. Katadata. (2020, March 27). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona - Katadata.co.id. https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5e9a41f84eb85/penggunaan-whatsapp-dan-instagram-melonjak-40-selama-pandemi-corona
  13. Khairuni, N. (2016). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693
  14. Kidi. (2018). Teknologi Dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Pendidikan, 28, 1–28.
  15. Kompas. (2022). Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/10/161818569/interaksi-sosial-pengertian-syarat-ciri-jenis-dan-faktornya?page=all
  16. Kompasiana. (2014). Struktur Sosial dan Interaksi Sosial. https://www.kompasiana.com/sauqiizzudin/54f3bad7745513a22b6c7cd1/struktur-sosial-dan-interaksi-sosial
  17. Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 263–296. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118
  18. Landesi, A. (2016). Citra Diri Dilihat Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 3(No 5), 7.
  19. Mandiberg, M. (2012). The social media reader. Nyu Press.
  20. Nanang, F. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
  21. Ningrum, D. R. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Semester IV IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.
  22. Prasetyo, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X SMK Kristen BM (Bisnis dan Manajemen) Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018.
  23. Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
  24. Ramadhani, N. (2020). Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan - Akseleran Blog. https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/
  25. Retalia, Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Fkip Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019, 16.
  26. Santrock, J. W. (2002). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Erlangga.
  27. Setiadi, Elly M, K. A. H. dan R. E. (2007). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  28. Simanjuntak, L. M. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Teman Sebaya dan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XI SMA Yos Sudarso Cilacap. 1–111. https://repository.usd.ac.id/12800/2/119114090_full.pdf
  29. Sisrazeni. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 Iain Batusangkar. 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue Batusangkar, 12. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/898/819
  30. Sisrazeni, I. B., & Batusangkar, I. (2017). Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue. In PROCEEDING IAIN Batusangkar (Vol. 1, Issue 2). http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/898
  31. Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  32. Soekanto, S. (1990). Sosiologi Pengantar. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+Soekanto%2C+S.+%281990%29.+Sosiologi+Suatu+Pengantar%2C+Jakarta%3A+Rajawali+Pers.+Susilo%2C+&btnG=
  33. Strategy. (2022). Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari. https://www.strategy.co.id/2020/04/27/manfaat-media-sosial-dalam-kehidupan-sehari-hari/
  34. Suara. (2021). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 202,6 Juta Orang. https://www.suara.com/tekno/2021/02/15/123000/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-2026-juta-orang
  35. Utomo, B. S., & Pawito, P. (2017). Media Sosial dan Gaya Hidup Wanita Di Indonesia. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 10(2), 273. https://doi.org/10.21043/palastren.v10i2.2652

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.