HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PEREMPUAN BERHIJAB DI SURABAYA

Roiqotullaily Roiqotullaily* -  Universitas Airlangga, Indonesia
Ilham Nur Alfian -  Universitas Airlangga, Indonesia

Supp. File(s): common.other
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara body image dan religiusitas dengan perilaku konsumtif pada remaja perempuan berhijab di Surabaya. Partisipan penelitian berjumlah 151 orang dengan rentang usia 13-18 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah perilaku konsumtif yang dikembangkan oleh Todani (2016), Serta alat ukur Body Image Questionnaire (BIQ) dari Banfield dan McCabe (2002) dan Comprehensive Measure of Islamic Religiusitas (CMIR) oleh Tiliouine & Belgoumidi (2009) yang diterjemahkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara body image dengan perilaku konsumtif, sedangkan religiusitas dan perilaku konsumtif tidak memiliki hubungan yang signifikan. Implikasi pada penelitian ini adalah penting bagi remaja untuk memiliki body image yang positif sehingga merasa puas terhadap penampilan sehingga tidak terjadi perilaku yang konsumtif. Selain itu, remaja dapat menjaga religiusitasnya agar tidak menurun.

 

Kata kunci: Citra Tubuh, Religiusitas, Perilaku Konsumtif, Remaja Perempuan, Hijab.

 

Abstract

This study aims to determine the corellations between body image and religiosity with consumptive behavior of hijab female adolescent in Surabaya. There were 151 participants in the study with an age range of 13-18 years. The measuring tool used is consumptive behavior developed by Todani (2016), as well as the Body Image Questionnaire (BIQ) measuring tool from Banfield & McCabe (2002) and the Comprehensive Measure of Islamic Religiosity (CMIR) by Tiliouine & Belgoumidi (2009) translated by researcher. The results of the study showed a significant relationship between body image and consumptive behavior. Meanwhile, religiosity and consumptive behavior did not have a significant correlations. The implication of this research is that it is important for adolescents to have a positive body image so that they feel satisfied with their appearance so that consumptive behavior does not occur. In addition, teenagers can maintain their religiosity so that it does not decrease.

 

Keywords: Body Image, Religiosity, Consumptive Behavior, Female Adolescent, Hijab.

Supplement Files

Keywords : Citra Tubuh, Religiusitas, Perilaku Konsumtif, Remaja Perempuan, Hijab

  1. Adipradja, R. (2013). Fasilitas Rekreasi di Surabaya Timur. EDimensi Arsitektur Petra, 1(1), 1–8.
  2. Alfi’ah, F. R., Rahman, A., & Nurcahyono, O. H. (2020). Hiperrealitas Konsumsi Tanda dan Makna pada Trending Fashion Jilbab oleh Mahasiswi. Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(2).
  3. Anandita, D. (2014). KONSUMSI TANDA PADA FASHION HIJAB (Deskripsi Konsumsi Fashion Hijab pada Anggota Hijab Beauty Community, Malang). Academia, 3–14, 1–19. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/33651018/Jurnal_devi_anandita_0610010011-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1633228679&Signature=AX8ag6ltIr4hWrShAKDzYfUitfgrZj9h8ThyjjchR0h3l~4Kmvtvq8nzQxlYO~QflxAu5den6FKb8dl9msBJxRJAxBUzB-BqiqhQ3TzJ8AEA1-pAhvzZIALR8S1-
  4. Arifah, L., & Usman, H. (2017). Pengaruh Religiusitas, Subjective Norm dan Perceived Behavioral Control Terhadap Keputusan Muslimah Berhijab. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 4(1). http://meis.ui.ac.id/index.php/meis/article/view/14/0
  5. Ayunda, A., Mutmainah, L., & Huda, N. (2019). Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Produk Fashion Muslim. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2), 243–270. https://doi.org/10.33476/jeba.v3i2.962
  6. Banfield, S. S., & McCabe, M. P. (2002). An evaluation of the construct of body image. In Adolescence (Vol. 37, Issue 146, pp. 372–393).
  7. Diana, D. (2019). Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Remaja Putri. Psikoborneo, 7(3), 433–440.
  8. Djemereng, A., & Zulfikar. (2018). Peran Komunitas Hijabers Moslim Makassar Dalam Memotivasi Muslimah Berhijab. Jurnal Al-Khitabah, 3(1), 17–32. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/download/2919/2795
  9. Estetika, M. (2015). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Perempuan Kelas XII IPS. Jurnal Dinamika Ekonomi PembangunanPendidikan Ekonomi, 3(1), 1–10.
  10. Firdaus. (2009). Hubungan antara religiusitas dan kecenderungan Body Dissatisfaction pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  11. Hasanah, D. F. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Gaya Berpakaian. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  12. Istiani, A. N. (2015). Kontruksi Makna Hijab Fasion Bagi Muslim Blogger Muslim. Jurnal Kajian Komunikas, 3(1), 48–55. http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/viewFile/7393/3396
  13. Karmila, E. (2020). Tren Berhijab di Kalangan Anak Muda: Studi Komparatif pada Siswi SMA/MA/SMK di Pekanbaru. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(01), 1–18. https://doi.org/10.53678/elmadani.v1i01.46
  14. Khaeriyah, S., Mamesah, M., & Tjalla, A. (2015). Persepsi terhadap body image antara siswi yang menggunakan jilbab dengan siswi yang tidak menggunakan jilbab. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 104. https://doi.org/10.21009/insight.042.18
  15. Khumaira, K., & Restu, R. Y. S. (2018). Hubungan Antara Harga Diri, Citra Tubuh, dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Konsumen Klinik Perawatan Kecantikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  16. Kusumawati, H. (2021). Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di Pekanbaru [Universitas Islam Riau]. https://doi.org/10.24854/jps.v4i2.349
  17. Latifatunnuri, N. U. (2018). Hijab Syar’i : Antara Trend Dan Ideologi. UIN Walisongo.
  18. Megaputri, R. R. (2019). Hubungan antara Body Image dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  19. Nugrahawati, E. N., & Widawati, L. (2014). Hubungan Antara Religiusitas Dan Impulse Buying Pada Mahasiswa Kedokteran Univeristas Islam Bandung. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 591–598. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/346
  20. Nuroniyah, W. (2019). Rethinking Hijab in Contemporary Indonesia: A Study of Hijab Community “Tuneeca Lover Community.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 4(2), 214–221. https://doi.org/10.15575/jw.v4i2.5643
  21. Pratama, H. (2015). Hubungan antara Religiusitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Tingkat Awal di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung [Universitas Pendidikan Indonesia]. In Proceedings of the National Academy of Sciences. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
  22. Primaningtyas, W., Putri, A. A. A. K. E. N., & Hastuti, H. (2020). Body Image and Religiosity in Adolescents: a Comparation Between Public and Private High School Students. Smart Medical Journal, 2(2), 98. https://doi.org/10.13057/smj.v2i2.35672
  23. Purwanti, S. A. E. (2017). Perilaku Penemuan Informasi Tentang Fashion Di Kalangan Remaja Putri Surabaya.
  24. Putri, C. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Pada. Universitas Sriwijaya.
  25. Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198
  26. Rahmawati, V. (2020). Hubungan antara Perilaku Konsumtif dengan Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Religiusitas terhadap Produk Pakaian Remaja di Desa X. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  27. Ramadhania, S. I. (2021). Pengalaman Mahasiswi Berhijab Yang Mengalami Catcalling. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2). https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.154
  28. Rasyid, A. (2019). Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Agama Islam. Jurnal Hukum Ekonomi, 5(2), 172–186.
  29. Rizky, R., & Rachmatan, R. (2016). Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di Kota Banda Aceh. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 182–191.
  30. Rombe, S. (2013). Hubungan Body Image Dan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Psikoborneo, 1(4), 228–236.
  31. Sa’adatunnisa, & Arifin, M. Z. (2016). Pengaruh Fashion Hijab terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Eknomoi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya. 2(1), 74–89.
  32. Sa’diyah, K. (2018). Analisis Perilaku Remaja di Pusat Perbelanjaan Modern Surabaya Town Square. Kajian Moral Dan Kewarnegaraan, 06(03), 1061–1075.
  33. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan (Edisi II). ALFABETA.
  34. Sunardi, & Juansah, W. (2021). Pengaruh Selebgram Muslimah terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi. 11(2), 12–23.
  35. Suryanti, I. (2018). Pengaruh Pemakaian Jilbab terhadap Karakter Religius Siswi SMP Negeri 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
  36. Syahira, R., Khatijatusshalihah, K., Rachmatan, R., & Afriani, A. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Pembelian Impulsif Dalam Belanja Online Pada Perempuan Yang Bekerja Di Banda Aceh. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 6(1), 70. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i1.8026
  37. Tiliouine, H., & Belgoumidi, A. (2009). An exploratory study of religiosity, meaning in life and subjective wellbeing in muslim students from Algeria. Applied Research in Quality of Life, 4(1), 109–127. https://doi.org/10.1007/s11482-009-9076-8
  38. Todani, A. R. (2016). Hubungan antara Body Image Dengan Perilaku Konsumtif pada Wanita Dewasa Awal. Universitas Airlangga.
  39. Wati, M. Y. (2016). Faktor yang Mendorong Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Surabaya. 01(04), 107–121.
  40. Yunitasari, S. S., & Anwar, M. (2022). Analisis Keunikan Produk dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Busana Muslim di Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 160–170.

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.